Prof. Dr. Achmad Fedyani S, M.A., S.S.

NIP:
195206271984031001
Fakultas:
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Organisasi:
Antropologi
Pendidikan:
S3

profile



Achmad F Saifuddin yang lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan 27 Juni 1952 adalah Dosen Penagajar di Program S-1 Departemen Antropologi Universitas Indonesia, pada tahun 1981 ia mengambil gelar Sarjana di Universitas Indonesia dalam bidang Antropologi, kemudian gelar Master of Arts (MA) pada tahun 1985 dan Doktor of Philosophy (Ph.D.) pada tahun 1992 ia peroleh dari Universitas Pittsburgh, USA. Dalam perjalanan akademisnya, ia mengikuti beberapa pendidikan tambahan di luar negeri seperti, Kursus singkat Intensif Bahasa Inggris di departemen bahasa Oregon State University di USA pada Juni-Juli 1984, Kursus Singkat Pengemgangan kurikulum Pendidikan Tinggi di University of Manitoba, Canada, pada April-Mei 1993, kemudian yang terakhir ia mengikuti kursus singkat tentang Kajian Pustaka dan Diskusi Konsultatif Antropologi Nutrisi di Departemen Antropologi University of Manitoba pada Mei-Juni 1993.

Bidang khusus yang ia tekuni selama ini adalah Kemiskinan di Perkotaan (khususnya Indonesia dan Asia Tenggara), Agama dan Kebudayaan (khususnya Konflik dan Integrasi Penganut Agama), bidang lain yang ia tekuni adalah mengenai kekerabatan dan organisasai sosial, Kajian-kajian tentang jaringan sosial, masyarakat dan kebudayaan Amerika kemudian Antropologi kesehatan serta Metodologi Antropologi.

Ia mempunyai cukup banyak pengalaman dalam bidang pengajaran beberapa diantaranya adalah: Menjadi asisten pengajar pada jurusan Antropologi Fakultas Sastra Universitas Indonesia pada rahun 1979 sampai 1983, Asisten Pengajar pada Program Pascasarjana Kajian Wilayah Amerika Universitas Indonesia pada tahun 1982-1984, kemudian pada tahun 1984 sampai sekarang ia aktif mengajar sebagai dosen di jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Indonesia.

kemudian juga cukup banyak mengikuti organisasi akademik seperti ketika menjadi Pembantu Dekan I Bidang Akademik, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat FISIP Universitas Indonesia pada tahun 1994-1997. Karya ilmiah yang telah di publikasi pun banyak ia hasilkan karya yang masih cukup baru ia hasilkan adalah Perilaku Seksual Remaja di Kota dan di Desa: Kasus Kalimantan Selatan. Ia pernah meraih penghargaan sebagai Lulusan Terbaik II, Penataran Prajabatan Universitas Indonesia tahun 1986 dan mendapatkan Fulbright-Hays Scolarship Award tahun 1984.