drg. Anton Rahardjo, MKM. PhD

NIP:
195406021983031002
Fakultas:
Fakultas Kedokteran Gigi
Organisasi:
Pendidikan:
S3

profile





Dr. drg. Anton Rahardjo, Ph.D.



Minat studi dosen Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat dan Pencegahan (IKGM-P) FKG Ul ini berfokus pada riset-riset dan penelitian tentang Halitosis and Periodontal Research, Dental Health Services and Community empowering dan Preventive Dentistry and LSTR Concept. Bidang kepakaran yang digeluti oleh beliau adalah tentang community and preventive dentistry.

Dilahirkan di Jakarta pada 02 Juni 1954, beliau menyelesaikan pendidikan S2 di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia pada tahun 1994 dan meraih gelar Doktor di Fakultas kedokteran gigi Universitas Niigata, Jepang pada tahun 2004. Selain memiliki reputasi dalam karir intelektual yang impresif, beliau memiliki kemampuan managerial yang sangat baik terutama dalam beberapa aspek: decisive leadership dan team building. Saat ini menjabat sebagai ketua Departemen IKGM-P FKG-UI sepanjang tahun 2006. Dalam dunia internasional beliau menjadi wakil Indonesia dari International Society of Breath Odor Research, International dan Association of Dental Research. Di Indonesia beliau menjadi anggota  Persatuan Dokter Gigi Universitas Indonesia (PDGI). Dengan latar belakang intelektual dan manajerial tersebut, beliau memiliki pengaruh dan jaringan yang luas dikalangan intelektual dan profesional.

Karya akademik penting yang diangkat dari beberapa publikasi yang sebagian besar dilakukan berdasarkan riset baik yang berskala nasional ataupun internasional diantaranya adalah : Oral Health Condition and Endemic Goiter inan iodine-deficient area di Bali, Indonesia yang dipublikasikan oleh Asia Pacific Journal of Public Health pada tahun 2001, jurnal Etiology Classification and Treatment Needs (TN) for Oral Malodor pada tahun 2003, Jurnal dengan judul Screening for severe periodontal disease in an elderly population using methyl mercaptan concentration ratio yang ditulis oleh T. Yamaga, A. Rahardjo, K. Shirone dan H. Miyazaki yang diterbitkan di London pada tahun 2004, Relationship between bleeding on probing and periodontal disease progression in community-dwelling older adults, diterbitkan oleh Journal of Clinical Periodontology pada tahun 2005, Development of a compact and simple gas chromatography for oral Malodor measurement pada Journal of Periodontology pada tahun 2006, Efficacy of permanent teeth treatment using LSTR method dalam JSPS-DGHE Joint research project tahun 2005 - 2008 dan diterbitkan oleh Ministry of Education - Republic of Indonesia and Japan Society for Promotion of Science pada tahun 2009, serta masih banyak lagi karya-karya ilmiah yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Beliau juga kerap diundang sebagai pembicara dalam berbagai forum akademik internasional sebagai ilmuwan diantaranya: Oral Malodor Survey of Tebet Community in Jakarta-Indonesia disajikan pada: ISBOR 2001 di Tokyo, Japan,  Risk of Smoking Filtered and Non-filtered Clove Cigarettes on Periodontal Disease disajikan dalm AAPD ke-VII, Okayama, Japan pada tahun 2006, A Randomized Placebo-Controlled, Crossover-Design Study of the Effect of Tooth Paste Perorangan pada Asian Academy of Preventive Dentistry on the symposium session in the 8th Congress of AAPD pada bulan November 2008 di Jeju, Korea, dan masih banyak lagi.

Di tingkat nasional beliau juga sering diundang sebagai pembicara, diantaranya adalah sebagai pembicara pengembangan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pencegahan karies gigi di komunitas, di Universitas Sumatra Utara (USU), Medan pada tahun 2009, Minimal Intervention dalam Perawatan Profesional Penyakit Periodontal disajikan dalam Seminar Ilmiah Ikatan Kesehatan Gigi Masyarakat Indonesia-IPKESGIMI di UNHAS, Makasar, Laporan Kasus Terapi LSTR pada Gigi dg Pulpa Terinfeksi Perorangan pada Seminar ilmiah FKG UI tahun 2006 dan masih banyak lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.