Arif Wibowo, S.Sos., S.Hum., M.Hum

NIP:
090603089
Fakultas:
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Organisasi:
Ilmu Kesejahteraan Sosial
Pendidikan:
S2

Profile

Arif Wibowo, lebih dikenal dengan Arif, telah mengabdikan dirinya di Universitas Indonesia sebagai pengajar luar biasa sejak tahun 1996. Arif dilahirkan di Jakarta pada tanggal 27 Juli 1971. Ia menamatkan pendidikannya pada program sarjana Ilmu KEsejahteraan Sosial pada tahun 1997, kemudian Ia sempat menempuh pendidikan di bidang Ilmu Filsafat pada Departemen Ilmu Filsafat Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan berhasil ditamatkan pada tahun 2003. Jenjang Pascasarjana berhasil ditamatkan pada tahun 2008 dalam bidang Ilmu Filsafat.

Ketertarikan pada bidang Filsafat ini juga membawa Arif mengajar pada Fakultas Psikologi Universitas Indonusa Esa Unggul sejak tahun 2001 dan karena kesibukannya di bidang penelitian maka pada tahun 2004 Ia mengundurkan diri sebagai pengajar disana. Mata kuliah yang diasuh pada Program SArjana Departemen Ilmu KEsejahteraan Sosial FISIP UI adalah Perundang-undangan Sosial, Penelitian Evaluatif, Pengantar Metode Penelitian Sosial, Penelitian Kuantitatif bagi Kesejahteraan Sosial, Pengantar Penelitian Kualitatif serta Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial.

Beberapa penelitian telah Ia lakukan diantaranya berkaitan dengan bidang kesehatan terutama yang berkaitan dengan HIV/ AIDS, Narkotika dan sebagainya. Selain itu pula Ia juga melakukan penelitian di bidang Perencanaan Sosial yang berhubungan dengan Pemetaan Sosial dan hal ini juga membawanya terlibat pada Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah bekerjasama dengan Departemen Pekerjaan Umum. Penelitian lainnya berkaitan dengan Sosial Budaya serta berkaitan dengan Pemberdayaan Masyarakat.

Pekerjaan yang pernah digeluti di lingkungan Universitas Indonesia adalah pernah menjadi Sekretaris Jurusan pada tahun 1998, Ketua Laboratorium Kesejahteraan Sosial pada tahun 2006 - 2008, Sekretaris Pusat Kajian Kesejahteraan Sosial 2009- 2011 dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris Program Pascasarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial periode 2012 - 2016

Pengalaman lain diluar pengajaran yang pernah dijalankan oleh Arif diantaranya menjadi konsultan di Departemen Pekerjaan Umum di bidang Sosial Budaya, Menjadi Fasilitator di berbagai program pengentasan kemiskinan, Sebagai tenaga Pelatih di berbagai Pelatihan terutama yang berkaitan dengan Social Skill dan Pemberdayaan Masyarakat.

Kegiatannya selain mengajar dan penelitian Ia juga mempunyai kegemaran dibidang kegiatan alam bebas, terkadang Ia melakukan pendakian gunung bersama beberapa mahasiswanya. kegemaran lainnya adalah memasak terutama masakan eropa.