Dr. Yeni Salma Barlinti, S.H., M.H.

NIP:
0506050058
Fakultas:
Fakultas Hukum
Organisasi:
Hukum Perdata
Pendidikan:
S3

Profile

Yeni Salma Barlinti lahir di Tangerang pada tanggal 9 Agustus 1975. Ia bekerja sebagai dosen di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Saat ini, ia menjabat sebagai Ketua UPMA FHUI sejak awal tahun 2016. Sebelumnya ia pernah ditugaskan menjadi staf dan kemudian diangkat menjadi Ketua pada SubProgram Sarjana Kelas Khusus Internasional FHUI (2014-2015). Gelar Sarjana Hukum diraihnya pada tahun 1998 di FHUI. Sejak kelulusannya, ia mulai mengajar di FHUI untuk program sarjana. Pada tahun 2001, gelar Magister Hukum diperolehnya. Sedangkan gelar Doktornya diraih pada tahun 2010 di FHUI dengan mempertahankan disertasinya yang berjudul “Kedudukan Fatwa Dewan Syariah Nasional dalam Sistem Hukum Nasional di Indonesia”. Dalam menempuh pendidikannya di program magister dan program doktor, Yeni Salma Barlinti pernah menerima beasiswa dari the Sasakawa Young Leaders Fellowship Fund (the SYLFF) dari The Tokyo Foundation. Sampai saat ini, ia tercatat sebagai Sasakawa Fellow dengan mengikuti berbagai program kegiatan yang diselenggarakan oleh The SYLFF, seperti Regional Forum Asia-Pacific tahun 2003 dan Joint Initiative Program.

Yeni Salma Barlinti aktif mengajar di FHUI baik di Program Sarjana maupun Program Magister. Matakuliah yang diberikannya di Program Sarjana antara lain Asas-asas Hukum Islam, Hukum Perdata Islam, Hukum Ekonomi Islam, Kapita Selekta Hukum Islam. Pada Program Magister, matakuliah yang disampaikannya antara lain Hukum Perbankan Syariah, Filsafat Hukum Islam, Hukum Kontrak dalam Islam, dan sebagainya. Selain mengajar, ia aktif membimbing mahasiswa untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi.

Di bidang penelitian, Yeni Salma Barlinti telah melakukan berbagai penelitian mengenai pelaksanaan Hukum Islam di Indonesia. Penelitian yang pernah dilakukannya antara lain mengenai peran Dewan Syariah Nasional dan Dewan Pengawas Syariah dalam kegiatan ekonomi syariah di Indonesia (2011), kompetensi absolut sengketa ekonomi syariah terhadap Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri (2013-2014). Publikasi ilmiah sudah pernah diterbitkan baik melalui buku-buku, artikel jurnal, maupun makalah-makalah yang dipresentasikan dalam berbagai kegiatan ilmiah tingkat nasional dan internasional. Buku-buku yang telah diterbitkannya antara lain Kedudukan Fatwa DSN dalam Sistem Hukum Nasional di Indonesia, Hukum Perikatan Islam di Indonesia (menulis bersama penulis lain), Bank dan Asuransi Islam di Indonesia (menulis bersama penulis lain).