DR. Devie Rahmawati,S.Sos., M.Hum

NIP:
151103042 SCOPUS ID 57201634653
Fakultas:
Organisasi:
PAF, Vokasi
Pendidikan:
S3

Profile

VERSI INDONESIA
DR. Devie Rahmawati ialah Pengajar dan Peneliti Tetap Program Vokasi Humas UI sekaligus praktisi komunikasi yang telah meniti karir profesional semenjak tahun 2000, menjadi : jurnalis; konsultan komunikasi; public relations executive di pemerintahan, korporasi, NGO; Asesor Kompetensi; media relations executive; Ketua Program Studi, Direktur Kemahasiswaan, serta bertindak sebagai event manager dari penyelenggaraan kegiatan berskala dunia. Devie juga seorang penggiat literasi informasi dan digital.

Karir Profesional

Devie adalah lulusan SMA Negeri 8 Jakarta pada tahun 2000 yang lulus masuk FISIP UI tanpa melalui tes tertulis (PPKB). Di tahun yang sama, mengawali masa perkuliahan, Devie memulai karirnya di bidang komunikasi sebagai reporter dan copy writer di PT. Dyviacom Intrabumi, Tbk (diffy.com). Pada tahun 2000, Devie kemudian menjadi client relations executive di Kubik Learning Adventure sekaligus Junior Trainer di Remaja Hebat Foundation (2002). Karir di dunia media dilanjutkan Devie dengan menjabat sebagai Chief Operation Officer (COO) di Radio A, 96.7 FM (2011). Setelah itu Devie juga tercatat menjadi salah satu pendiri Prapancha Research dan website berita Selasar.Com

Pada tahun 2004, Devie berkantor di Gedung KPU Pusat, menjadi PR Officer dalam program UNDP-Pemilu 2004. Selepas itu, Devie memasuki dunia konsultan public relations dengan menjadi Junior PR Consultant di Ida Sudoyo & Associates. Di saat yang sama Devie dipercaya menjadi Ketua Panitia Reuni Akbar 40 tahun Departemen Komunikasi FISIP UI. Devie kemudian beralih ke dunia korporasi dengan menjabat sebagai Corporate Communications PT. Artajasa Pembayaran Elektronis (2005).

Devie juga aktif sebagai Wakil Sekjen III Kepengurusan Pusat Persatuan Olahraga Dayung (PODSI) seluruh Indonesia. Pada tahun 2006, Devie kemudian mulai membangun karir di Universitas dengan menjabat sebagai Kepala Humas FISIP UI, dan setelah itu menjadi Deputi Direktur Kantor Komunikasi (Humas UI) hingga tahun 2009. Pada tahun 2019 Devie menjadi Dewan Redaksi majalah online edisikhusus.id. Pada Bulan Januari, 2020, Devie diangkat menjadi Direktur Kemahasiswaan Universitas Indonesia sekaligus menjadi pemimpin redaksi dari e-newsletter, Kabar Untuk Indonesia.

Pengalaman Devie sebagai praktisi kehumasan khususnya dalam hal event management memasuki masa-masa penting pada tahun 2010, ketika Devie berpindah divisi menjadi Kepala Kantor Sekretariat Pimpinan UI (Chief of Staff), yang membuat Devie dipercaya menjadi Project Manager kedatangan para tamu VVIP seperti kedatangan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama; Presiden Jerman, Christian Wulff; PM Perancis, Francois Fillon; Presiden Turki, Abdullah Gul; Sultan Brunei, dan lain-lain.

Praktik pengelolaan event dan menangani media (media relations) semakin terasah ketika pada perhelatan Asian Games 2018, Devie dipercaya menjadi salah satu tim media relations di Media Press Center (MPC) ASIAN GAMES 2018, yang menangani 7.000 wartawan lokal dan internasional. Devie bertugas melayani kebutuhan wartawan akan informasi pertandingan sekaligus menjadi MC dan moderator pada press conferences yang dilakukan oleh tim INASGOC, IOC dan perwakilan kontingen asing di Asean Games 2018.
Pada tahun 2018 Devie dipercaya menjadi Ketua Program Studi (Prodi) Vokasi Komunikasi UI, yang terdiri dari 3 peminatan yaitu Hubungan Masyarakat, Penyiaran dan Periklanan. Pada April 2019, Prodi Vokasi Komunikasi berubah menjadi Prodi Vokasi Humas. Selama kepemimpinannya di Prodi, Devie bersama para Dosen di Prodi Humas berhasil membawa prodi humas memperoleh nilai A dengan skor 374 untuk akreditasi dari Kementerian Riset dan Teknologi. Pada Januari 2020, Devie dipercaya menjadi Direktur Kemahasiswaan UI.

Di masa kepemimpinan Devie, Prodi Vokasi Komunikasi dan Humas ialah prodi yang pertama di Program Pendidikan Vokasi yang menjalankan kurikulum 3-2-1, dimana para mahasiswa di semester 4, 5 dan 6, menempuh studi di Industri dalam mekanisme Studi Kerja dan Magang secara utuh.
Tidak hanya itu, Devie bersama tim juga berhasil membangun hubungan yang erat dengan industri di dalam dan luar negeri, sehingga para profesional terbaik di berbagai bidang berkomitmen menjadi pengajar praktik reguler di kelas dan industri di Prodi Komunikasi dan Humas. Para profesional tersebut diantaranya Reza Rahadian, Dian Sastrowardoyo dan sederet profesional seperti :

Shanty Harmayn, MA (CEO BASE Entertainment)
Holy Theodore (Account Strategist, Google)
William Utomo (COO, IDN Media)
Michael Tampi (CIO, MRA Media Group)
Stevanus Christopel (VP, UI/UX OVO)
Edwin Nazir (CEO, Angka Fortuna Sinema)
Sandru Emil (Co Founder & Creative Director, AmbilHati)
Hendrika Gaudens (Chief of Marketing, Microsoft)
Wahyu Dyatmika (Editor in Chief, Tempo)
Sheila Timothy (CEO, Lifelike Pictures)
Ongki Saputra (VP, Business Operation, Traveloka)
Wisnu Nugrahadi (CEO, Sampingan)
Putri, AI (Facebook)
Uun Ainurrofiq (VP Strategic & Collaboration, Grab)
Wahyu Wiwoho (News Anchor & Producer, Metro TV)
Deo Nathaniel (Head of Product at Tokopedia)
Krishna Nugraha (Internet Marketing Lead, Tokopedia)
Hanny Lovita Pandiani (Senior Employer Brand, Tokopedia)
Amien Krisna, (CEO Sonar Platform)
Yoris Sebastian (OMG Consulting)
Dharma Nababan (Show Management Eventori)
Krishnawan Pribadi (Senior Business Expert Telkomsel)
Yuliarti (Opening and Closing Ceremony Management Asian Games 2018)
Wiendy Hapsari (MNC Group)

Semenjak tahun 2015, Devie telah menyandang status sebagai asesor kompetensi di bidang Public Relations dan Metodologi Pelatihan, yang kemudian telah melakukan asesmen kompetensi bagi para profesional di antaranya PT Freeport Indonesia, Pupuk Kaltim, PJB Gresik, BLK Kemenaker, Kominfo, Kementerian Perindustrian, Forum Humas BUMN, Universitas Indonesia dan berbagai institusi lainnya.
Tidak hanya karir profesional, Devie yang semenjak SMA aktif secara sosial dengan menjadi guru membaca anak-anak di pinggir kali kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan, juga aktif dalam bidang lingkungan bersama Yayasan Sedaun menanam lebih dari 10 ribu pohon di pulau Jawa.

Kegiatan sosial kemasyarakatan ini kemudian dilanjutkan dengan menjadi penggiat literasi media dan digital melalui aktivitas klinik digital bersama para dosen dan aktivis lainnya di berbagai provinsi. Devie juga merupakan salah satu pendiri Yayasan Bakti Iluni dan Abdurrahman Wahid Center (AW Center UI). Semenjak tahun 2011, Devie aktif sebagai pemerhati isu-isu sosial, budaya dan komunikasi, hingga menjadi narasumber di berbagai media elektronik (TV, Radio, Online) dan cetak nasional.

Karir Akademik
Devie adalah salah satu penerima beasiswa dari Pemerintah Jerman (DAAD) untuk menempuh program S3 di Frankfurt University, Jerman. Namun, studi doktoral tersebut terhenti dan kemudian menyelesaikan program Doktoral di Universitas Padjadjaran dan Swansea University, United Kingdom melalui Program Sandwich.

Beberapa penghargaan dan beasiswa berhasil diraih oleh Devie. Best Public Relations, Majalah Eksekutuf (2013), PKPI Dikti (2016); Best Paper KLICELS, Malaysia (2016). Dosen Teladan Aspikom (2018). Lalu pada tahun 2019, Devie berhasil menyisihkan 700 kandidat untuk menjadi salah satu penerima Australian Awards 2019. Devie juga memegang lebih dari 50 Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atas berbagai karya bersama dengan dosen dan mahasiswa.

Tidak hanya itu, aktivitas edukasi dan advokasi literasi digital dan informasi yang dilakukan Devie bersama para penggiat lainnya, mendapatkan apresiasi beasiswa dari Facebook dan Google, untuk menghadiri pertemuan dengan para penggiat dan ahli dunia di bidang informasi dan digital di Taiwan (Asia Pasific News Literacy Conference 2019) dan Singapura (APAC Trusted Media Summit 2019).
Di ajang yang sama di Singapura, Devie, mewakili Indonesia dalam Media Literacy Bootcamp, berkesempatan untuk mempresentasikan hasil studi dan pengalaman melakukan aktivitas training media literasi di 9 kota bertajuk: Nusantara Hub. Digital Competence Project. Embracing Indonesia. Devie juga memimpin diskusi tentang “How have algorithms and attention economy influenced news and journalism.”
Dalam upaya untuk menangkal berbagai aliran mis-informasi dan disinformasi dengan memproduksi narasi-narasi positif, Devie bersama para penggiat literasi media dan digital memproduksi sebuah majalah berita mingguan, edisikhusus.id, yang memadukan pengalaman membaca melalui gawai dengan kedalaman dan kekayaan informasi.

Devie telah menjadi penulis dan editor lebih dari 75 buah tulisan dalam bentuk artikel, jurnal dan buku. Sebagai Penulis artikel ilmiah, Devie juga telah memiliki scopus ID 57201634653. Devie juga dipercaya mengajar dan melakukan presentasi di forum global diantaranya menjadi Pengajar Tamu (Guest Lecturer) di Universiti Malaya, Malaysia (2019); Digital Nomad Forum, Chiang Mai (2018); Swansea University (2016).
Devie juga aktif mempresentasikan hasil kajian dan penelitiannya di forum dialog internasional seperti PR Leadership Forum, USA (2009); HUFS University (2011); Leiden University (2016); QUT Democratic Resilience, Brisbane (2019); Media Literacy Bootcamp, APAC Trusted Media Summit (2019); International Fact – Checking Day (2020); Elsevier Expert Series (2020).
Devie juga menjabat sebagai tim editorial di beberapa jurnal tingkat nasional yaitu :
https://www.jurnal.unma.ac.id (Universitas Majalengka)
https://journal.uniga.ac.id (Universitas Garut)
journal.unpad.ac.id (Universitas Padjadjaran)

Beberapa publikasi yang dihasilkan oleh Devie di berbagai forum nasional dan internasional melalui artikel ilmiah prosiding, jurnal, opini di media di antaranya:
2020 – Buku Senjakala Pariwisata Konvensional : Pelajaran Berharga dari Berbagai Benua (Penulis)
2020 – Buku Lukisan Cahaya (Editor)
2020 – Buku Manajemen Branding Film Studio (Editor)
2020 – Buku Making Brand Looks More Appealing (Editor)
2019 – Knowledge Sharing Dynamics Among Dota 2 Online Gamers at Indonesia Internet Cafes. (Journal Search of Media and Communication Research). (Penulis) (Scopus)
2019 – Buku Grand Strategi Pencitraan Polri, Edisi Kedua. (Editor)
2018 – The Cultural Characteristic of Online Players in The Internet cafes of Jabodetabek Indonesia. (Journal of Theoretical & Applied Information Technology 96 (7). (Penulis) (Scopus)
2018 – Buku Komunikasi Kesehatan Pemikiran dan Penelitian. Book Chapter. (Penulis)
2016 – Architecture of Populism : Online Media Regime and Emergence of Contemporary Populist Figures in Indonesian Political Landscape. BEST PAPER AWARD di KLICELS, Malaysia. (Penulis)
2015 – Peluang dan Tantangan Penyiapan TKI dalam Menghadapi Komunitas ASEAN. Jurnal Kajian Lemhanas RI. (Penulis)
2014 – Capres RI 2014 dengan Citra Terbaik dan Terburuk: Analisis Pembentukan Citra Politisi diantara Publik Luas melalui Jejaring Sosial Twitter. (Penulis)
2013 – Buku Grand Strategy Pencitraan Polri; Kerjasama Membangun Opini Publik Dengan Media Massa Demi Terwujudnya Kamdagri. (Editor)
2013 – Buku Bujuk Rayu Konsumerisme. (Editor)
2012 – Buku Mewujudkan Mimpi, Membangun Peradaban Berpijak pada Akhir Keindonesiaan. (Editor)
2012 – Buku Penelitian Digital Sosial. Menelaah Kehidupan Masyarakat di Era Teknologi. (Penulis)
2011 – Buku Trilogi Kehumasan: 69 Panduan Humanis Menghadapi Wartawan, Peneliti dan Penulis dari Riset terhadap 423 Wartawan. (Penulis)
2010 – Buku Collected Speeches Volume 1 & 2. (Editor)

Portofolio Akademik Online :

Scopus Author ID : https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57201634653

Google Scholar : https://scholar.google.co.id/citations?user=7NNTv3cAAAAJ&hl=en

ORCID ID : https://orcid.org/0000-0001-6146-9804

Contact:
DR. Devie Rahmawati, M.Hum
Assistant Professor
Director of Student Affairs, Universitas Indonesia
Teaching and Researcher Staff of Public Relations
Vocational Program, Universitas Indonesia
Email : devie.r@ui.ac.id

ENGLISH VERSION

Devie Rahmawati is a full lecturer and researcher at Universitas Indonesia, in Vocational Program. She has a doctoral degree in Communication Studies from Universitas Padjadjaran and Swansea .University, United KIngdom, through a Sandwich Program. As a researcher and social activist, Devie received several awards and scholarships such as DAAD – Goethe Frankfurt (2012), Best Public Relations, Majalah Eksekutuf (2013), PKPI Dikti (2016); Best Paper Award, KLICELS, Malaysia (2016); Aspikom’s Best Lecture (2018), Facebook Scholarship to attend Asia Pasific News Literacy Conference in Taiwan (2019), Australian Award (2019) and Google Scholarship to attend APAC Trusted Media Summit in Singapore (2019); International Fact – Checking Day (2020); Elsevier Expert Series (2020).

Devie also attended global forum as a guest lecture in : Universiti Malaya (2019), Digital Nomad Forum, Chiang Mai (2018), Swansea University (2016). She also active in presenting her research result in international forums such as PR Leadership Forum, USA (2009); HUFS University (2011); Leiden University (2016); QUT Democratic Resilience, Brisbane (2019); Media Literacy Bootcamp, APAC Trusted Media Summit, Singapore (2019); APRISH, ICSSED (2019).

Devie also a Communication Practitioner. She began her career as a reporter and copy writer at PT Dyviacom Intrabumi, Tbk (2000). Devie then turned to be a client relations executive at Kubik Learning Adventure and also became a Junior Trainer. In 2004, Devie worked as a PR Officer for UNDP – KPU (National Election Commission). After that she became a PR Junior Consultant at Ida Sudoyo & Associates and had a chance to work in a multinational company as a corporate communications at PT Artajasa Pembayaran Elektronik; Chief Operation Officer (COO) at Radio A, 96.7 FM; Founder and Co-Founder of : Prapancha Research, selasar.Com, Yayasan Bakti Iluni, Abdurrahman Wahid Center UI (AWC UI). Devie also holds more than 30 intellectual property with other lecturers and students.

Devie started to work in an academic institution as a Head of Public Relations at FISIP UI and later on became a Deputy Director of Corporate Communications at University Level. In 2008, she became a Chief of Staff at UI Secretariat Office. With this position, she got a responsibility to be a Project Manager for The VVIP’s Visits to campus such as Barack Obama Visit; German President, Christian Wulff; French PM, François Fillon; Turkish President, Abdullah Gul; Sultan of Brunei, and others.
In 2018, Devie became a media relations executive on Asian Games 2018 . She had to manage 7.000 local and international journalists that cover the second biggest sport event in the world. She had to be an MC and moderator for press conferences event in Media Center Press (MPC).

At 2018, Devie served as a head of Communication Study and Public Relations of Vocational Program. Devie and her team successfully obtained an A (374) for the Accreditation Score, from The Ministry of Research and Technology. She also bring an innovation to curriculum of vocational study program, that in 4 to 6 semester, the student take their full class in the industry. Devie and team also get a fully support from many professionals and prominent names in the country to be a full practice lecturer at class and industry such as Reza Rahadian, Dian Sastrowardoyo and :
Shanty Harmayn, MA (CEO BASE Entertainment)
Holy Theodore (Account Strategist, Google)
William Utomo (COO, IDN Media)
Michael Tampi (CIO, MRA Media Group)
Stevanus Christopel (VP, UI/UX OVO)
Edwin Nazir (CEO, Angka Fortuna Sinema)
Sandru Emil (Co Founder & Creative Director, AmbilHati)
Hendrika Gaudens (Chief of Marketing, Microsoft)
Wahyu Dyatmika (Editor in Chief, Tempo)
Sheila Timothy (CEO, Lifelike Pictures)
Ongki Saputra (VP, Business Operation, Traveloka)
Wisnu Nugrahadi (CEO, Sampingan)
Putri, AI (Facebook)
Uun Ainurrofiq (VP Strategic & Collaboration, Grab)
Wahyu Wiwoho (News Anchor & Producer, Metro TV)
Deo Nathaniel (Head of Product at Tokopedia)
Krishna Nugraha (Internet Marketing Lead, Tokopedia)
Hanny Lovita Pandiani (Senior Employer Brand, Tokopedia)
Amien Krisna, CEO Sonar Platform
Yoris Sebastian (OMG Consulting)
Dharma Nababan (Show Management Eventori)
Krishnawan Pribadi (Senior Business Expert Telkomsel)
Yuliarti (Senior Event Manager Asian Games 2018)
Wiendy Hapsari (MNC Group)

On January 2020, she took a job as Director of Student Affairs at Universitas Indonesia.
Since 2015, Devie has become an assessor of Competency for Public Relations and Training Methodology. She has conducted an assessment for many agencies such as PT Freeport Indonesia, Pupuk Kaltim, PJB Gresik, Ministry of Communication and Information Technology, Ministry of Industry, Public Relations Forum for Ministry of State Owned Enterprises, Universitas Indonesia, etc.

Devie also actively carrying out community services activities since high school. She taught unfortunate children at Bukit Duri area. She also planted more than 10 thousands trees in Java Island with Yayasan Sedaun. Now she actively became a Klinik Digital and media literacy activist volunteer.

She also a writer and editors for more than 75 articles in books, journals and media publications. She also has a Scopus ID 57201634653. Devie also being an editorial board on some national scientific and media :
Universitas Majalengka’s Journal (https://www.jurnal.unma.ac.id);
Universitas Garuts’s Online Journal (https://journal.uniga.ac.id );
Universitas Padjajaran’s Journal (journal.unpad.ac.id );
edisikhusus.id;
Kabar Untuk Indonesia E-Newsletter (Editors in Chief).
Some of her articles :
2020 – Buku Senjakala Pariwisata Konvensional : Pelajaran Berharga dari Berbagai Benua (Penulis)
2020 – Buku Lukisan Cahaya (Editor)
2020 – Buku Manajemen Branding Film Studio (Editor)
2020 – Buku Making Brand Looks More Appealing (Editor)
2019 – Knowledge Sharing Dynamics Among Dota 2 Online Gamers at Indonesia Internet Cafes. (Journal Search of Media and Communication Research). (Writer) (Scopus)
2019 – Book – Grand Strategi Pencitraan Polri, Edisi Kedua. (Editor)
2018 – The Cultural Characteristic of Online Players in The Internet cafes of Jabodetabek Indonesia. (Journal of Theoretical & Applied Information Technology 96 (7). (Writer) (Scopus)
2018 – Book – Komunikasi Kesehatan Pemikiran dan Penelitian. Book Chapter. (Writer)
2016 – Architecture of Populism : Online Media Regime and Emergence of Contemporary Populist Figures in Indonesian Political Landscape. BEST PAPER AWARD di KLICELS, Malaysia. (Writer)
2015 – Peluang dan Tantangan Penyiapan TKI dalam Menghadapi Komunitas ASEAN. Jurnal Kajian Lemhanas RI. (Writer)
2014 – Capres RI 2014 dengan Citra Terbaik dan Terburuk: Analisis Pembentukan Citra Politisi diantara Publik Luas melalui Jejaring Sosial Twitter. (Writer)
2013 – Book – Grand Strategy Pencitraan Polri; Kerjasama Membangun Opini Publik Dengan Media Massa Demi Terwujudnya Kamdagri. (Editor)
2013 – Book – Bujuk Rayu Konsumerisme. (Editor)
2012 – Book – Mewujudkan Mimpi, Membangun Peradaban Berpijak pada Akhir Keindonesiaan. (Editor)
2012 – Book – Penelitian Digital Sosial. Menelaah Kehidupan Masyarakat di Era Teknologi. (Writer)
2011 – Book – Trilogi Kehumasan: 69 Panduan Humanis Menghadapi Wartawan, Peneliti dan Penulis dari Riset terhadap 423 Wartawan. (Writer)
2010 – Book – Collected Speeches Volume 1 & 2. (Editor)

Academic online portfolios:

Scopus Author ID : https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57201634653

Google Scholar : https://scholar.google.co.id/citations?user=7NNTv3cAAAAJ&hl=en

ORCID ID : https://orcid.org/0000-0001-6146-9804

Contact:
DR. Devie Rahmawati, M.Hum
Assistant Professor
Director of Student Affairs, Universitas Indonesia
Teaching and Researcher Staff of Public Relations
Vocational Program, Universitas Indonesia
Email : devie.r@ui.ac.id