Dr., Dra. Dian Sulistiawati, M.A.

NIP:
0900500034
Fakultas:
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Organisasi:
Antropologi
Pendidikan:
S3

profile



Dian Sulistiawati adalah seorang dosen pengajar di Departemen Antropologi FISIP UI yang mulai mengajar sejak tahun 1997, ia telah mengajar beberapa mata kuliah antara lain, Antropologi Kesehatan, Antropologi Terapan, Perubahan Sosial Budaya, Metode Antropologi II Seminar Rencana Penelitian, dan Metode Penelitian Sosial Jabatan yang di pegang pada tahun 2004 adalah Sekretaris Program Sarjana Antropologi, FISIP UI. Ia lahir di Jakarta pada tanggal 18 Februari 1966. Ia mengambil gelar sarjana di Universitas Indonesia pada tahun 1991 dengan jurusan Antropologi. Gelar Master of Art juga ia tempuh dalam bidang Antropologi di University of Houston, Texas, USA, 1997.

Selain pengalaman mengajar dan perjalanan pendidikan yang baik Ia juga mempunyai cukup banyak pengalaman penelitian. Beberapa penelitian terbarunya adalah penelitian tentang “ Acculturative Stress and Adaptation Strategy among Indonesian Students in University of Houston, USA” (ini merupakan penelitian untuk meraih gelar MA) penelitian ini dilakukan pada tahun 1997, lalu pada tahun 2003 Ia menjadi peneliti pada penelitian tentang nilai-nilai Budaya, bekerjasama dengan Laboratorium Antropologi dan Pemda DKI. Kemudian pada tahun 2004 Ia menjadi Peneliti pada Mid- Term Evaluation Indonesia Urban Micronutrient and health Program (IU-MICAH) Surabaya and East Jakarta yang merupakan Proyek penelitian World Vision International dan USAID.

Ia juga pernah menjadi tutor dalam beberapa seminar antara lain, menjadi tutor pada Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah di Bandung yang diselenggarakan oleh jurnal Antropologi Indonesia bekerjasama dengan yayasan Akatiga di Bandung, lalu ia juga penah menjadi Tutor pada Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah di Palembang yang juga diselenggarakan oleh jurnal Antropologi Indonesia, kemudian terkhir ia menjadi tutor pada Pelatihan Metode Penelitian Kualitatif yang diselenggarakan oleh SEAMEO TROPMED di Universitas Indonesia pada tahun 2004.