Drs. Ezra Mahresi Choesin, M.A.

NIP:
090603094
Fakultas:
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Organisasi:
Antropologi
Pendidikan:
S2

profile



Ezra Mahersi Choesin, lahir di Jakarta, 12 Desember 1958, adalah Dosen Pengajar di Departemen Antropologi Universitas Indonesia. Pada 1990 Dia mengambil Gelar S1 di Universitas Indonesia, kemudian mengambil gelar Master of Art di University of Illinois di Urbana-Champaign, U.S.A. dengan Judul Tesis: The Politics of Ethnic Representation in the Indonesian Tourism Industry pada tahun 1993.

Ia pernah menjabat sebagai Koordinator Penasehat Akademik pada Program sarjana S-1 Departemen Antropologi, Dia pernah mengajar di Fakultas Ekonomi dalam matakuliah Metodologi Penelitian pada tahun 1997-2002, juga pernah mengajar sebagai dosen tidak tetap di Fakultas Ilmu Komunikasi Institut Ilmu sosial Ilmu Politik (IISIP) pada matakuliah Pengantar Antropologi Sosial Budaya (1995-1997), Komunikasi Tradisional (1994-1999) dan masih banyak lagi pengalaman-pengalaman lainnya. Sebagai Redaksi Tinjauan Buku Jurnal Antropologi Indonesia ia juga menghasilkan cukup banyak karya yang telah dipublikasikan seperti, Management of Mangrove Forests: Conversion and Reforestation of Mangrove on the Coast of Paojepe, Bonepute and Tongke-tongke, South Sulawesi Bersama J.E Prioharyono dan Y. Purwanto (penyunting) sebagai laporan tahunan First Phase Interdisciplinary Research di pantai Sulawesi Selatan dan karyanya yang cukup baru adalah Menyiapkan.Menulis dan Mencermatinya. Yang merupakan karya tulis ilmiah diterbitkan oleh yayasan obor Indonesia tahun 2004, di sunting oleh Y.T. Winarto dan Totok Suhardiyanto.

Ia juga aktif menjadi pelatih dalam berbagai seminar atau lokakarya, beberapa diantaranya adalah Pelatihan Karya Tulis Ilmiah 5, yang diselenggarakan atas kerjasama Jurnal Antropologi Indonesia, Jurusan Sastra Indonesia FSUI, Toyota Foundation, Jurusam Ilmu komunikasi Unika Widya Mandira di Kupang 30 Juni hingga 6 Juli 2003, Pelatihan Metode Penelitian Kualitatif pada 17 sampai 23 Februari 2004 dan Critical Review Training di Depok 7-13 April 2003. Sebagai Dosen Antropologi ia juga memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat fasih di tambah kemampuan pongoprasian berbagai aplikasi dalam Komputer. Sampai sekarang Ia masih aktif mengajar sebagai dosen pada jurusan Antropologi Universitas Indonesia salah satu matakuliah yang diasuhnya adalah Teori Antropologi I.