drg. Farisza Gita Mahidin, Sp.Pros(K)

NIP:
195312171981032001
Fakultas:
Fakultas Kedokteran Gigi
Organisasi:
Prostodonsia
Pendidikan:
Sp2

profile

 drg. Farisza Gita, Sp.Pros(K)

 

Beliau merupakan salah staf pengajar dari Departemen Prostodonsia FKG UI yang lahir di Jakarta pada tanggal Jakarta, 17 Desember 1953.  Beliau memiliki bidang kepakaran yaitu Fixed Prosthodontics dan Gerodontologi/Geriati dengan klasifikasi kepakaran dalam bidang Fixed Prosthodontics dan Gerodontologi/Geriati. Beliau memiliki bidang unggulan Fixed Prosthodontics dan Gerodontologi/Geriati dengan minat penelitian dalam hal Fixed Prosthodontics dan Gerodontologi/Geriati. Judul Tesis PPDGS yang beliau buat yaitu Perbandingan akurasi pola pasak resin akrilik dan pola pasak inlay wax.

Beberapa penelitian yang telah beliau lakukan antara lain :

·         Hubungan status kesehatan gigi dan mulut dengan kualitas hidup pasien usia lanjut. (Co Author). Tahun 2006. Sumber dana: pribadi

·         Hubungan bentuk wajah dan bentuk gigi insisif sentral rahang atas. (Co Author), Tahun 2006, Sumber dana: pribadi.

·         Hubungan antara lama kehilangan gigi molar pertama bawah yang tidak diganti dengan kemiringan gigi molar kedua bawah ke arah diastema (Dalam kaitan dengan perawatan prostodonsia). (Co Author), Tahun 2007, Sumber dana: pribadi.

·         Hubungan antara lama kehilangan gigi molar pertama bawah yang tidak diganti dengan ekstrusi gigi molar pertama atas antagonis (Dalam kaitan dengan perawatan prostodonsia). (Co Author), Tahun 2007, Sumber dana: pribadi.

·         Hubungan antara lama kehilangan gigi molar pertama bawah yang tidak diganti dengan pergerakan gigi premolar kedua bawah pada sisi yang sama  (Dalam kaitan dengan perawatan prostodonsia). (Co Author), Tahun 2007, Sumber dana: pribadi.

·         Efektifitas penurunan jumlah koloni bakteri pada permukaan hand piece oleh sinar ultraviolet dan alkohol 70%. (Co Author), Tahun 2007, Sumber dana: pribadi

 

Telah banyak penelitian beliau yang dipublikasikan, antara lain :

·         Perawatan gangguan mulut pada pasien geriatri di rumah. Saran dokter gigi. Temu Ilmiah Geriatri. Jakarta. 2004.

·         Perawatan kesehatan gigi dan mulut bagi pasien geriatri di rumah (sosialisasi). CERIL FKGUGM, Yogyakarta 2005.

·         Retensi dan resistensi pada mahkota tiruan dan gigi tiruan jembatan. TEMIL PDGI Semarang, 2006.

·         Gigi tiruan jembatan imidiat. PDGI Jakarta Timur, Tahun 2006.

·         Porcelain fused to metal restoration versus non metal restoration. PDGI Jakarta Timur, Tahun 2006.

·         Pengaruh disain pontik terhadap kesehatan jaringan periodonsium. KPPIKG XIV. Tahun 2006.

·         Desain pontik estetik untuk gigi tiruan jembatan. KPPIKG XIV. Tahun 2006.

·         Penatalaksanaan estetika pada kasus kehilangan gigi anterior atas dengan penyempitan ruang protesa. KPPIKG XIV. Tahun 2006

·         Pasak siap pakai dalam praktek sehari-hari. PDGI Cabang Depok, 24 Februari 2004.

·         Direct bonded pontic bridge. Grand Dentistry I PDGI Jakarta Selatan, November 2007.

·         Pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut menuju lansia sehat. Komnas Lansia RI, Jakarta, Mei 2008.

·         Pelatihan perawatan pasien geriatri untuk dokter dan perawat. Pergemi Jaya, RSCM, Jakarta, Juni, Juli, Agustus 2008.

 

            Selain sebagai staf pengajar dari Departemen Prostodonsi dan sebagai seorang dokter gigi, beliau juga aktif sebagai anggota organisasi ilmiah PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) dan IPROSI (Ikatan Peminat Prostodonsia Indonesia).