Prof. Firmanzah, S.E., M.M., Ph.D

NIP:
0606050076
Fakultas:
Fakultas Ekonomi
Organisasi:
Manajemen
Pendidikan:
S3

profile





Firmanzah, SE., MM., Ph.D adalah dosen pada jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. (FE-UI). Pada saat ini menjabat sebagai Kepala Kantor Humas dan Protokol UI. Latar belakang pendidikannya adalah:  Jurusan Manajemen, FE-UI, 1998; Magister Manajemen, FE-UI, 2000;  M.Phil of Organisation and Management Strategic, University of Lille,  2005;  Program Doktoral dalam Strategic and Management International (UPPA) Mention: ‘très honorable avec les félicitations du jury’ ; dan Habilité Dirigé de Recherche (HDR)-University of Paris X   (Perancis), 2007-sekarang.          

Pengalaman dalam bidang pengajaran, peneliti dan pembicara dalam forum internasional antara lain: Visiting Professor di University of Nanchang, Cina (2005); University of Pau et Payas de l’Adour, Perancis (2006-2008); University of Science and Technology of Lille 1, Perancis (2006); IAE de Grenoble, Perancis (2007) dan sebagai pembicara ‘Leadership Program Development ‘, Amos Tuck Business School, USA (2006).   

Pengalaman profesi: Market Analysts di PT. Sewu New York Life (JakartaIndonesia), 1998-1999;  Lembaga Manajemen Universitas Indonesia (LM-UI), 1999-2000 ; Marketing Managers PT. JASNET (Jakarta - Indonesia), 2000 – 2001; Konsultansi: lnternational Market Research and Strategic Policy—BPEN  (ketua tim) 1996; Change Management Audit—PT. Perkebunan Nusantara III (ketua tim), 1996.

Jabatan Struktural yang pernah diemban adalah sebagai Sekretaris Departemen Manajemen, FE-UI (2005-2007) dan Wakil Direktur Program Pasca Sarjana Ilmu Manajemen FEUI (2007-sekarang).   

Sebagai seorang intelektual muda,  Firmanzah aktif dalam kegiatan seminar/forum internasional,  publikasi dalam jurnal ilmiah, tulisan populer dan buku.  Diantaranya sebagai berikut:

Kegiatan seminar dan konferensi di forum internasional:  Quo-vadis the research of the ‘truth’ in the social science: between expectation and illusion (CREG, University of Pau et Pays de l’Adour, 2005);  Contrôle et production des connaissances: le cas des entreprises mondialisées, (Conference of Finance and Accounting in the University of Lille 1 (IAE)-May 2005) ; The dimension of Subsidiaries New Product Launching (Nanchang University, 2005); Apprentissage et contrôle organisationnel : l’analyse au niveau filiales indonésiennes d’entreprises françaises (Colloque MINT-December-Paris, 2005); The Effect of Capabilities on ‘Product-Market-Oriented’: Indonesian’s Small-Medium-Enterprises (SMEs) Exportation Products (13th Euro Asia Conference on Shapporo ,Japan, 2007).

Publikasi dalam jurnal ilmiah baik dari dalam negeri dan luar negeri  (lebih dari 20 antara tahun 2002-2008); beberapa diantaranya:  “Autonomy Strategy in Subsidiary: Headquarter Control Perspective”, Manajemen Usahawan Indonesia  (2002);. “Environment and Organization: Information Interpretation and Strategic Decision Perspective”. Jurnal Administrasi and Bisnis (2003);  “Epistemology Debate in the Management Field: Critical Theory Perspective”,  Management Usahawan Indonesia (2004); ”Menyoal Rasionalitas Pemilih: Antara Orientasi Ideologi dan ‘Policy-Problem-Solving’ , Management Usahawan Indonesia (2005);  “Le processus du lancement des nouveaux produits dans les filiales: vers une forme d’interaction entre la maison mere et les filiales  dalam Gan, X., Jaussaud, J., & Dzever, S. (Eds), Economic Dynamism and Business Strategy of Firms in Asia-Some Recent Development, (Nanchang : China Economic Publishing House, 2006); “The Effect of Headquarter Integration Mechanism on Subsidiaries’ New Product Success: from Control to Coordination Mechanism“, The South East Asian Journal of Management (2007). 

Artikel koran: Contingency Aspect in Global-Brand Construction (Jakarta Post, 30 Agustus 2006);  Innovation as a Source of Competitive Advantage (Jakarta Post, 04 April 2007); Rethinking Promotion Strategy (Jakarta Post, 20 Juni 2007); Manajer Lokal dan Kompetisi Global  (Media Indonesia, 30 Maret 2008).

Publikasi Buku: The Spirit of Change (Jakarta: Lembaga Management FEUI,  Soetjipto, B.W., & Firmanzah 2006); Globalisasi: sebuah proses dialektika sistemik  (Jakarta: Yayasan SAD Satria Bhakti (2007);  Marketing Politik: Antara Pemahaman dan Realitas, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2007);  Mengelola Partai Politik: Persaingan dan Positioning Ideologi Politik  (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008).