Dr. Guritnaningsih

NIP:
195304201977032001
Fakultas:
Fakultas Psikologi
Organisasi:
Program Studi Sains Psikologi
Pendidikan:
S3

profile

Dr. Guritnaningsih adalah merupakan salah satu staf pengajar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia yang memiliki kepakaran dalam metodogi penelitian kuantitatif dan kualitatif. 

Dr. Gurit aktif mengajar mata kuliah Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Statistik serta mata kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif pada Program Sarjana Fakultas Psikologi Universitas. Selain itu Dr. Gurit juga mengajar mata kuliah Metodologi Penelitian pada Program Magister Profesi Psikologi dan Program Magister Terapan pada Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Sebagai peneliti yang tertarik pada penelitian dengan pendekatan kualitatif, Dr. Guritnaningsih mengajar mata kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif dan juga menulis buku berjudul: Teknik Penulisan Laporan Penelitian Kualitatif.

Ketertarikan Dr. Gurit untuk meneliti mengenai proses pengambilan keputusan pada orang Indonesia mendorongnya untuk melakukan penelitian disertasinya dengan judul: "Faktor-faktor Sosial Psikologis yang Mempengaruhi Keputusan Orangtua untuk Melanjutkan Pendidikan Anak ke Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama". Dr. Gurit juga banyak membimbing skripsi mahasiswa program sarjana Fakultas Psikologi Universitas Indonesia mengenai pengambilan keputusan ini.

Minat lainnya pada bidang Psikologi Lalu-lintas membuat Dr. Gurit banyak melakukan penelitian dan membimbing penelitian payung untuk skripsi mahasiswa program sarjana Fakultas Psikologi UI mengenai topik ini. Psikologi Lalu-lintas merupakan satu bidang dalam psikologi yang baru berkembang di Indonesia beberapa tahun terakhir ini.  

Saat ini Dr. Gurit memegang jabatan sebagai Koordinator Program Psikometri pada Program Magister Terapan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Dr. Gurit juga aktif sebagai tim kelompok kerja pada Departemen Pendidikan Nasional.

Dr. Gurit dapat diubungi melalui email: gurit_santoso@yahoo.com