Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng.

NIP:
196810301993031001
Fakultas:
Fakultas Teknik
Organisasi:
Teknik Mesin
Pendidikan:
S3

profile





Dr. Ir. Harinaldi M.Eng. adalah dosen di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Lahir di Jakarta pada 30 Oktober 1968, beliau meraih gelar sarjana Teknik Mesin di FTUI pada tahun 1992. Gelar Master of Engineering bidang Teknik Pembakaran diperoleh tahun 1997 dan Doctor of Engineering bidang Rekayasa Termofluida tahun 2000 keduanya dari Graduate School of Science and Technology, Keio University, Jepang.

Ketertarikan di dunia pendidikan sudah dimulai semenjak masih menjadi mahasiswa dengan menjadi guru pada beberapa bimbingan belajar di Jakarta antara lain BTA SMA 8, Bimbingan Belajar St. Lukas, dll. Selama menempuh pendidikan pasca sarjana di Jepang atas sponsor dari The Hitachi Scholarship Foundation, banyak melakukan kerja part-time di berbagai perusahan di Jepang dengan berbagai bidang, mulai dari industri otomotif di Isuzu Motor Company, Kawasaki, freelance translator pada beberapa perusahaan penerbitan/penterjemah sampai menjadi presenter di Radio Nippon Hosou Kyouku (NHK-World),  Jepang selama kurang lebih lebih dari 5 tahun (1996-2000).

Aktivitas utama Dr. Harinaldi sejak tahun 1993 adalah sebagai staf pengajar tetap di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, dan menjabat sebagai Kepala Laboratorium Mekanika Fluida sejak tahun 2001 sampai saat ini. Keterlibatannya dalam kajian statistik dimulai saat melakukan riset ilmiah mengenai turbulent mixing yang banyak menggunakan pendekatan statistik saat menyelesaikan disertasi doktoralnya. Saat ini  menjadi penanggung jawab mata kuliah Statistik dan Probabilitas, Matematika Teknik, Mekanika Fluida, Sistem Fluida, Dinamika Fluida Lanjut di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Unversitas Indonesia. Dalam struktur DTM, beliau mengemban jabatan ganda, yaitu sebagai Ketua Departemen sekaligus sebagai Ketua Program Studi Teknik Mesin.

Selain itu Dr. Harinaldi juga aktif melakukan kegiatan penelitian dasar keteknikan terutama di bidang termofluida terutama masalah dinamika fluida bereaksi dan teknik pembakaran dengan disponsori oleh dana-dana penelitian dari Indonesia Toray Science Foundation, Osaka Gas Foundation, dll. Karya-karya ilmiah di bidang Termofluida yang digelutinya telah dipublikasikan di berbagai proceeding seminar dan jurnal ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional sejak tahun 1998. Diantaranya yang terkini adalah publikasi di International Journal of Heat and Mass Transfer (2001), JSCE International Journal (2001), International Symposium of Transport Phenomena (2001 – 2005), Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (2002-2003), dll. Beberapa publikasi ilmiah yang dihasilkan pria yang pernah meraih penghargaan Satyalancana ini antara lain Coherent structures in a turbulent mixing layer with a transverse jet flow perturbation, Flame stability and fuel efficiency of the propane and butane in the recirculation flow on the backward facing step, Stabilisasi Nyala Diffusi LPG Dengan Injeksi Tipe Slot Jet dalam Medan Aliran Resirkulasi., Pengaruh Variasi Aliran Udara Terhadap Tinggi Lifted-Flame pada Pembakaran Difusi Propana, Peningkatan kapasitas produksi susu kental manis dengan optimalisasi peralatan dan lain-lain.

Disamping aktivitas pendidikan dan penelitian yang dilakukan, Dr. Harinaldi juga berkiprah pada beberapa penugasan di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, antara lain menjadi Anggota Tim Inti Penyusun Kurikulum 2004 FTUI (2002-2003) dan Kurikulum 2008 FTUI (2007), Sekretaris Senat Akademik FTUI (2003-2004), Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan FTUI (2004 – 2005), Ketua Pembangunan Gedung Engineering Center UI (2005-2006), Direktur CEP-CCIT FTUI (2005-2006) Sekretaris Fakultas FTUI (2005-2008), Kepala Pusat Administrasi Fakultas FTUI (2005-2008) dan Direktur EDIC-CDC FTUI (mulai Maret 2008).

Beliau menikah dengan Dra. Rohelda Neptjun dan dikaruniai empat orang anak, yaitu Fariz Azhar Abdillah, Raihan Kenji Rizqillah, Hikaru Trinita Salsabila, dan Irfan Yusuf Khaerullah.