Dr. Harsanto Nursadi, S.H., M.Si

NIP:
196612201994031002
Fakultas:
Fakultas Hukum
Organisasi:
Hukum Adm Negara
Pendidikan:
S3

Profile

Lahir di kota minyak Sumatera Selatan, Prabumulih, 20 Desember 1966, ketika orang tua sedang tugas sebagai penjaga negara sejak jaman Indonesia belum merdeka. Sempat pindah di beberapa kota, seperti Tanjung Karang (Lampung)-Palembang-Lahat (Sumsel)-Metro (Lampung), kemudian terakhir terdampar di Jakarta pada tahun 1982 ketika mulai sekolah di tingkat menengah atas lulus tahun 1985. Tahun 1987 baru masuk UI di Fakultas Hukum UI, dan lulus pada Januari 1992. Sebelas tahun kemudian, 2003, lulus dari Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik Fakultas Ekonomi UI, dan langsung masuk pada Program Doktor pada Pascasarjana Fakultas Hukum UI dan berhasil diselesaikan pada Juli 2009.

Mulai bekerja pada Fakultas Hukum UI di Bidang Studi Hukum Administrasi Negara, dari asisten pada tahun 1992 untuk mata kuliah Hukum Administrasi Negara, Hukum Lingkungan, Hukum Administrasi Daerah dan Hukum Administrasi Pembangunan. Selain itu, dipercaya oleh Program DIII (sekarang vokasi UI) FISIP UI untuk mengajar mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum/Pengantar Hukum Indonesia (PIH/PHI) dan Hukum Perdata Dagang. Pada Fakultas Ekonomi UI menjadi pengajar untuk mata kuliah Pengantar Hukum Bisnis. Selain itu mengajar di Magister Hukum pada Program Pascasarjana universitas swasta di Jakarta.

Pernah beberapa tahun aktif pada Program Kuliah Kerja Nyata (KKN)-Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M) UI dari tahun 1992 sampai dengan 1996, dari pembimbing, pengajar/pemberi materi pembekalan sampai dengan Koordinator pembimbing untuk wilayah KKN tertentu.

Pada tahun 2000 sampai dengan 2004, dipercaya oleh Dekan menjadi Sekretaris Pascasarjana Fakultas Hukum UI (awal pasca dikembalikan ke fakultas dari semula dikelola oleh Universitas (Program Pasca UI)).

Saat ini, dipercaya oleh Dekan periode 2008-2012 menjadi Ketua Lembaga Pendidikan Lanjutan Ilmu Hukum (Head of the Continuing Legal Education=CLE), sebuah lembaga di bawah fakultas yang mengerjakan kursus-kursus singkat atau reguler untuk meningkatkan kemampuan berbagai pihak (swasta-pemerintah-masyarakat) terutama di bidang hukum dan materi terkait lainnya.

Satu tahun di CLE, tugas lain menanti, Dekan mempercayakan tugas sebagai ketua taskforce ICT (Information, Computer and Tecnology) di fakultas hukum. Bidang yang sebenarnya sudah mulai ditekuni sejak 1985, tetapi lama vakum karena berbagai pekerjaan dan kesibukan lainnya. Saat ini tentunya, mulai lagi belajar menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang sudah sangat-sangat pesat.

 

2014-2015; mendapat tugas sebagai Ketua Unit Renbang Fakultas; dan diawal tahun 2015, unit tersebut dihapuskan dari struktur Fakultas.
Saat ini, menikmati full mengajar, S1, S2 dan S3; sementara di Vokasi sudah dilepaskan, karena keterbatasan waktu dan tenaga.