Prof. Sri Hartati D. Reksodiputro Suradijono, Ph.D

NIP:
195009121976032001
Fakultas:
Fakultas Psikologi
Organisasi:
Program Studi Doktor Psikologi
Pendidikan:
S3

profile

Guru Besar sekaligus psikolog ini memilih Perkembangan Anak sebagai spesialisasi keahliannya. Selain itu, Prof. Sri Hartati juga mendalami keahlian dalam Computer Science. Berbagai macam karya ilmiah terpentingnya berpusat pada kedua lingkup disiplin ilmu ini: psikologi dan ilmu komputer, dan terlihat pada penelitian terakhirnya pada tahun 2004 yang berjudul Computer Mediated Communication: Attitudes & Beliefs Towards This Technology.

 
Selain mengajar di Fakultas Psikologi, beliau juga turut mengajar di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Mata kuliah yang diajarkannya antara lain Pendalaman Teori Psikologi Perkembangan pada S2 Psikologi dan Pembelajaran Berbasis Komputer pada S1 Ilmu Komputer.
 
      Prof. Sri Hartati Suradijono mengambil gelar S1 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada tahun 1977 dan melanjutkan S2 di Universitas of Toronto pada tahun 1988. Disertasi yang berjudul "Perception of Own Learning Process Using Learner Controlled Instruction", berhasil dipertahankannya untuk  memperoleh gelar S3 dari University of Toronto pada tahun 1993.
 
Karya-karya yang telah beliau buat dan susun antara lain:
·  "Intelligent Collaborative Learning Environment: The Teacher Module” (1999).
 
·  “Computer Supported Collaborative Learning for Secondary Schools in Indonesia” (2000), PAN-Pan Asia R & D Grant Program, International Development Research Center (IDRC), Canada.
 
·  “Self-Directed dari Murid SMP dan SMA. (The Impact of ICAI Cognive Strategy Based on the Development of Self-Directed Learning Capability from Junior & Senior High School Students” (1999) sebuah laporan penelitian : URGE (University Research for Graduate Education) Work Bank Grant, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, RI., 1996-1999.
 
·   Dampak Program Akselerasi terhadap Aspek Perkembangan Kognitif Siswa Dalam :”Akselerasi” Reni Akbar-Hawadi (Editor) (2004), Diterbitkan oleh PT. Grasindo.
 
·   “How Does Coursewar’s Design Affect Learner’s Cognitive Strategy?” (2003) Jurnal Makara Seri Sosial Humaniora Vol. 7 June 2003 No.1.
 
·   “Developing Individual and Collaborative Learning Environment: MELATI’S Experience” diterbitkan oleh Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Lembaga Penelitian UT, Vol.1, No. 1 – Maret 2000.