DR. Dr. Hartono Gunardi, Sp.A(K)

NIP:
195810231984101001
Fakultas:
Fakultas Kedokteran
Organisasi:
Ilmu Kesehatan Anak
Pendidikan:
S3

Profile

Dr. dr. Hartono Gunardi, SpA(K)
h-index Scopus 4, h-index Google scholar 7

Dr. dr. Hartono Gunardi, SpA(K) lahir di Bogor, pada tanggal 23 Oktober 1958. Jabatan saat ini adalah Ketua Divisi Tumbuh Kembang - Pediatri Sosial Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM. Pendidikan dokter umum ditempuh di FKUI dan selesai tahun 1984. Pendidikan spesialis dilaksanakan di Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM dan selesai pada tahun 1992 dan menjadi konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial pada tahun 2006. Pendidikan S3 ditempuh di FKUI dan gelar Doktor dalam Ilmu Kedokteran diraih pada tahun 2011 dengan judul “Evaluasi vaksinasi hepatitis b primer yang diberikan saat umur 0-5 tahun pada remaja 15 – 21 tahun: Kajian imunitas humoral, imunitas selular, dan karakteristik genetik virus hepatitis B”.

Pendidikan non-formal yang didapatkan addalah fellowship dalam Neonatology & Follow up High Risk Baby di Wilhelmina Children Hospital, Utrecht, Netherland tahun 2002; an Intensive Review Course of Developmental Behavioral Pediatrics di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat tahun 2008; Advance course of vaccinology di Les Pensières, Perancis tahun 2015.

Disela-sela kesibukannya sebagai staf pengajar, kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi khususnya penelitian dan pengabdian masyarakat, tetap dijalankan. Penelitian yang pernah dilakukan antara lain: Kajian HBsAg Darah Ibu dan Tali Pusat Setelah 20 Tahun Program Vaksinasi Hepatitis B sebagai peneliti utama; Protectivity and Safety of DTP/HB /Hib (Bio Farma) Vaccines in Infants, Batch Consistency, Multi Centers Trial, Phase III, Penta 0312 sebagai peneliti utama; Perbandingan retensi kompetensi imunisasi mahasiswa FKUI yang mendapat pembelajaran dengan metode tatap muka dibandingkan dengan tatap muka dan simulasi sebagai peneliti utama.

Selain meneliti, Dr Hartono juga aktif sebagai anggota redaksi eJournal Kedokteran Indonesia, Paediatrica Indonesiana dan sebagai reviewer di Medical Journal of Indonesia. Disamping menulis artikel, Dr Hartono juga aktif menulis artikel dalam buku antara Buku Intisari Imunisasi, Buku Pedoman Imunisasi di Indonesia.

Selain aktif sebagai staf pengajar di Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, Dr Hartono juga aktif dalam organisasi profesi, dan saat ini menjabat ketua III Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia pada tahun 2014 sampai sekarang. Dr Hartono menjadi anggota Satuan Tugas Imunisasi IDAI tahun 2000-2017, anggota dari Techincal Advisory Group on Immunization, Asia Pacific Paediatrics Association tahun 2014- sekarang dan anggota International Society for Social Pediatrics and Child Health.

Dr Hartono kerap diundang menjadi sebagai pembicara pada pertemuan ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional, juga dalam seminar dalam jaringan (online) maupun dalam Instagram live.
Beberapa penghargaan yang pernah diterima antara lain sebagai Mahasiswa teladan II, Senat FKUI; Dokter Puskesma Teladan, Dinas Kesehatan Kab Ngada NTT; Juara 1 Poster Penelitian Kelompok Penelitian Epidemiologi , Medical Research Unit FKUI ; Pagelaran Penelitian Terbaik FKUI Tahun 2010; Best Oral Presentation , Faculty of Medicine Universitas Indonesia, 6th Jakarta Meeting on Medical Education