Drs. Hilarius Swamin Taryanto

NIP:
131699250
Fakultas:
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Organisasi:
Antropologi
Pendidikan:
S1

profile



Hilarius Swamin Taryanto yang lahir di Yogyakarta pada 21 Oktober 1956 mengawali Pendidikan dasarnya di SD Taman Pendidikan II tamat pada 1969, dilanjutkan di SMP Negeri XXVII yang diselesaikan pada tahun 1972, pada tingkat SMA ia sempat berpindah dari SMA Kolose Kanisius ke SMA Budhaya di Jalan Matraman Raya 119 Jakarta Timur, Ia menyelesaikan tingkat ini pada tahun 1976, di tingkat selanjutnya ia belajar di Institut Pariwisata Indonesia di Yogyakarta selama satu tahun, tahun berikutnya hingga tahun 1978 ia mengambil program dipoma Bahasa Inggris di Fakultas Sastra UI, Gelar sarjananya diambil di Jurusan Antropologi Universitas Indonesia pada tahun 1985, di pertengahan pengambilan gelar sarjananya ia menjadi peserta Extension di Sekolah Tinggi Filsafat Driyakara Jakarta. Pada tahun 2001 ia mulai mengambil program Pascasarjana Pengkajian Seni dan Pertunjukan dan Seni Rupa di Universitas Gadjah Mada.

Dalam Perjalanannya ia telah banyak melalui berbagai pengalaman kerja baik dalam bidang pengajaran maupun penelitian. Pada bidang pengajaran, sebagain pengalaman yang telah dilaluinya adalah, Menjadi Asisten dosen di FSUI dan FISIP UI Untuk matakuliah: Folklor Indonesia, Cerita Prosa Rakyat, Antropologi Psikologi dan Antropologi Psikiatri pada tahun 1982 hingga 1985, Lalu sebagai dosen ia terus aktif di Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Indonesia untuk matakuliah Pengantar Antropologi, Folklor Indonesia, Sistem Budaya Indonesia, Cerita Prosa Rakyat dan Antropologi Kesenian. Kemudian Pada bidang Penelitian ia pernah menjadi anggota tim peneliti pada penelitian Tradisionalitas Masyarakat Condet, Jakarta Timur yang diadakan atas kerjasama Pemerintah Daerah DKI Jaya dan Universitas Indonesia, ia juga pernah menjadi anggota tim peneliti dalam Upaya Penggalian Kesenian Untuk Pengembangan Pariwisata Daerah Kalimantan Timur tahun 2003.

Sebagai seorang yang bergelut dibidang akademis Ia menghasilkan banyak karya Ilmiah, dua diantaranya adalah, Paper Berjudul: “Penelitian Kesenian dalam Konteks Kebudayaan” yang disampaikan saat Pelatihan Tenaga Peneliti Seni Budaya,tanggal 6-11 Desember 1993, Artikel berjudul: “Perjalanan Budaya (Jawa) Transmigran”, dalam Sistem Budaya Indonesia (Prof.M. Junus Melalatoa, ed). Diterbitkan tahun 1997.