Dr. Ir. Firdaus Ali, M.Sc.

NIP:
196104211990031001
Fakultas:
Fakultas Teknik
Organisasi:
Teknik Sipil
Pendidikan:
S3

profile

Firdaus Ali, lahir di Pasir Pangiraian, Riau pada tanggal 21 April 1962. Menyelesaikan jenjang pendidikan S-1 di Jurusan Teknik Lingkungan-ITB pada tahun 1988. Memulai karir dan pengabdian sebagai PNS di Program Studi/Peminatan Teknik Lingkungan, Departemen Teknik Sipil-Fakultas Teknik-Universitas Indonesia pada tahun 1989. Memperoleh gelar MSc. dalam bidang bioteknologi lingkungan pada tahun 1998 dari Department of Civil and Environmental Engineering di University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat. Sambil bekerja sebagai research assistant dalam penelitian rekayasa microorganisme untuk pengolahan limbah beracun, Firdaus menyelesaikan pendidikan S-3 dengan memperoleh gelar Doctor of Philosophy (PhD) dari universitas yang sama pada pertengahan tahun 2002.

 
Sebagai peneliti dan staf pengajar pada Program Studi Teknik Lingkungan di Departemen Teknik Sipil-FTUI, Firdaus saat ini adalah salah satu dari 5 anggota Badan Regulator Pelayanan Air Minum DKI Jakarta periode 2005-2008 & 2008-2011. Saat ini yang bersangkutan juga merupakan anggota Dewan Pengarah Kemitraan Air Indonesia (KAI) Bidang Inovasi Teknologi dan Infrastruktur Sumber Daya Air. Sebagai salah seorang JBIC Project Country Reviewer, Firdaus semenjak tahun 2003 terlibat dalam melakukan review terhadap proyek infrastruktur lingkungan (air bersih, air limbah dan limbah padat) di Indonesia yang dibiayai oleh Japan Bank for International Cooperation.
 
Sebagaimana konsep Multi Purpose Deep Tunnel yang didalaminya, Firdaus juga berusaha melaksanakan peran dan aktifitas multi fungsi mulai dari sebagai peneliti, pengajar, regulator, dan mengabdikan diri pada kegiatan professional dan juga kemanusiaan dalam waktu hampir bersamaan. Bidang air bersih, air limbah, rekayasa lingkungan, perubahan iklim global beserta dampaknya, dan konsep pengembangan kurikulum pendidikan serta pengembangan kapasitas guru adalah bagian dari aktifitas yang terus dia lakukannya.
 
Disamping aktif dalam kegiatan kemahasiswa mulai dari ITB hingga saat menyelesaikan pendidikan S-3 di Amerika Serikat. Firdaus adalah pemrakarsa dan sekaligus Ketua Dewan Pengarah Pertemuan Mahasiswa Indonesia se-Dunia di Luar Negeri yang diadakan di Northwestern University, Chigago, Amerika Serikat pada tanggal 28 Oktober 2000. Pertemuan Chigago 2000 tersebut mendorong lahirnya Komisi Kemanusia & Pendidikan-Perhimpunan Pelajar Indonesia di Luar Negeri (KKP-PPI) yang diketuai oleh Firdaus. 
 
 
 
Dalam bidang kemanusiaan, Firdaus melakukan inisiatif melakukan penyadaran kepada komunitas pendidikan terhadap bahaya Narkoba melalu teknologi multimedia. Inisiatif menyusun Cetak Biru ICT Pendidikan Nasional pada tahun 2004 dalam upaya pemanfaatan ICT untuk keluar dari ketertinggalan Indonesia dalam bidang pendidikan merupakan kontribusi nyata yang bersangkutan. Posisi sebagai National Advisor pada Partners in Learning (PIL) yang merupakan program global Microsoft membawanya terjun lansung dalam upaya memperbaiki kualitas pendidikan sampai ke daerah dan bahkan ke luar negeri. Dalam 2 tahun terakhir, Firdaus aktif menyiapkan konsep dan cetak biru “school of the future” yang akan dibangun di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Saat ini Firdaus merupakan satu ketua pada Asosiasi Dosen Indonesia (ADI).