Dr. Irwansyah, S.Sos., M.A.

NIP:
0908050337
Fakultas:
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Organisasi:
Ilmu Komunikasi
Pendidikan:
S3

Profile

Irwansyah memperoleh gelar Sarjana Sosial (S.Sos.) dari jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) 1991-1994; Master of Arts (M.A.) dari School of Communication, College of Social Science, University of Hawaii at Manoa (UHM) Honolulu Amerika Serikat (2003-2004); Doktor (Dr.) dari Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) 2007-2010 (Cum Laude). Dengan pengalaman sejak tahun 1991 hingga sekarang (2015; sekitar 24 tahun) bergelut secara linier dalam disiplin Ilmu Komunikasi yang diaplikasikan dalam berbagai bidang keilmuan lainnya, Irwansyah menekuni profesinya sebagai akademisi, peneliti, konsultan, profesional, pengamat, dan praktisi bidang komunikasi.

Tahun 2018, Irwansyah membantu Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi dalam revisi kurikulum yang mengarah kepada digitalisasi, komunikasi kreatif, dan revolusi industry 4.0. Selain itu juga membantu Media Indonesia untuk memperkuat usaha bisnis dan redaksi.

Tahun 2015, Irwansyah menjadi dosen inti penelitian di FISIP UI, mengembangkan penelitian gastro branding, kedaulatan komunikasi; klaster penelitian user experience and digital brand; dan mengelola Institut Komunikasi Indonesia Baru (IKIB). Dalam mengembangkan jaringannya, Irwansyah mengajar di berbagai perguruan tinggi selain Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI seperti di Universitas Brawijaya, Universitas Paramadina, Universitas Mercu Buana, Interstudi, Universitas Pelita Harapan, Universitas Multimedia Nusantara, London School of Public Relations, Universitas Bakrie, Universitas Pancasila, Universitas Bina Nusantara, STIKOM InterStudi dan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kemudian, Irwansyah juga pernah menjadi dosen tamu di Unversitas Veteran Pembangunan, Universitas Kalbe, Universitas Soedirman, dan Universitas Andalas.

Sebagai konsultan, beliau pernah menangani kegiatan komunikasi di pemerintahan dan negara seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Keuangan, Sekretariat Wakil Presiden Bidang Politik, Komisi Penyiaran Indonesia Pusat dan Daerah DKI Jakarta, Komisi Pemilihan Umum, dan Badan Nasional Narkotika. Dalam bidang korporasi, beliau juga pernah menangani PT. Jasa Marga, TVRI, PT. Hukum Hiburan/Dedy Kurniady Law Firm, dan Microsoft Indonesia. Di bidang asosiasi, komunitas, dan lembaga non profit, beliau membantu Community Conservation Network-Hawaii, Locally Managed Marine Area-Fiji-Indonesia Timur, Institute for Democracy and Election Assistance, Serikat Petani Indonesia, Komunitas Bisnis Online Indonesia, Asosiasi Televisi Swasta Indonesia, dan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia.

Dalam organisasi profesi dan sosial, Irwansyah tergabung dalam International Communication Association, Asia and Media Information Communication, Asian Studies Association sebagai anggota. Pada organisasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, beliau menjabat sebagai Ketua Bidang Keilmuan yang membawahi Departemen Keilmuan Dasar, Terapan, Kebijakan, Pemutakhiran Ilmu, Database dan Kepakaran  (2014-2017) . Beliau juga Koordinator Institut for Social Justice Network daerah Jawa Barat, Ketua Alumni East-West Center (KALEA) untuk Jakarta-Indonesia.

Keahlian dan kompetensi Irwansyah selama 27 tahun telah terasah pada bidang Ilmu Komunikasi secara umum dan khusus yang bersifat profesional dan kebijakan. Penguasaan teori, metode, dan praktek (aplikasi) selalu diimplementasikan secara konsisten untuk menjaga kualitas produk yang bersifat akademis, praktis, dan kebijakan.

Karya ilmiah yang terbit di jurnal:

Media sosial dan demokrasi: Utopia vs Distopia, Jurnal Ilmiah MediaKom, 4/8/September 2011.

Social media and political participation: Youth activists's perspective, Journal of Communication Studies Communicare, 5/2/July-December 2012.

Perkembangan kajian komunikasi dalam perspektif teknologi, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Konvergensi Media, Teknologi dan Periklanan, ISSN 2086-342X, 3/2/2012


Bab dalam Buku

Media Baru: Dari Nothing menjadi Something, dalam Potret Manajemen Media, Total Media: Yogyakarta, 2010

Hubungan Perbatasan Indonesia-Malaysia: Perspektif Media Baru dan Generasi Muda, UI Press: Jakarta, 2012

Model Komunikasi dalam Tatanan Hubungan
Pemerintah Pusat dan Daerah, UMB-Aspikom-Puskombis, 2013

Kampanye Politik Tersebulung Dalam Berita
Televisi, UMB-Aspikom-Puskombis, 2013

Mentalitas Komunikasi dalam Masa Depan
Komunikasi, Masa Depan Indonesia: Sistem Komunikasi Indonesia, Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2014

Top of Mind
Merek Bangsa Indonesia dalam Masa Depan Komunikasi, Masa Depan Indonesia:
Geopolitik dan Geostrategi,  Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2014.

Youtube:

https://www.youtube.com/watch?v=urkJViGnuPY

http://www.youtube.com/watch?v=xqAerRmlVos