Dra. Juheini Amin, M.Si

NIP:
031303011
Fakultas:
Fakultas Farmasi
Organisasi:
FARMASI
Pendidikan:
S2

profile







Juheini Amin, seorang dosen senior yang mengajar di bidang formulasi dan farmakologi di Departemen Farmasi FMIPA UI. Lahir di Sukabumi pada 2 Juni 1948. Setelah lulus dari SMP N 14 Jakarta, beliau melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Farmasi lalu mengambil gelar sarjana di Perguruan Tinggi jurusan Farmasi di Universitas Indonesia. Setelah lulus kuliah di farmasi, beliau melanjutkan program profesi apoteker di universitas yang sama. Kemudia beliau mengambil gelar Master Ilmu Lingkungan di Universitas yang sama pula dan lulus pada 1998.

Selama ini beliau telah banyak mengikuti kursus dan latihan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Salah satu kursus yang diikutinya adalah “Training of Trainers (TOT) Pengelolaan Bahan Kimia untuk Service Provider” yang diselenggarakan di Jakarta pada tahun 2007.

Saat ini beliau menjabat sebagai Pembina Utama Muda (IV c) sebagai dosen, setelah sebelumnya di isi oleh pengalaman bekerja sebagai pengajar, asisten ahli, lektor dan lektor kepala. Atas karyanya di bidang pendidikan beliau pernah mendapatkan penghargaan berupa Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya 30 tahun oleh Presiden Republik Indonesia pada 20 April 2009 lalu.

Beragam penelitian pernah beliau hasilkan, beberapa di antaranya di publikasikan di tingkat nasional seperti “Pemanfaatan Herba Seledri (Apium graveolens L.) untuk menurunkan Kolesterol dan Lipid dalam Darah Tikus Putih Yang Diberi Diet TInggi Kolesterol dan Lemak”  (2002) serta “Efek Sediaan Jamu Celup Kencing Manis X Terhadap Hematologi dan Histologi Paru-paru Tikus Putih Jantan” (2007). Pernah juga beliau menjadi tim peneliti RUUI pada tahun 2007 dengan judul Uji Aktifitas Ekstrak Etanol Daun Gandarusa Sebagai Bahan Obat Penurun Kadar Asam Urat.

Beliau menjadi dosen karena hobinya yang suka mengajar. Sebelum menjadi dosen, beliau pernah menjadi asisten dosen pada saat menjadi mahasiswa tingkat empat kemudian beliau mencoba melamar sebagai pegawai negeri, dan beliau mendapatkan status pegawai negeri dengan golongan 2B.

Saat ini beliau tinggal di Jakarta Timur bersama suaminya, Sjahrildi dan telah dikaruniai empat orang anak beserta seorang cucu. Selain membaca, wanita yang telah menjadi nenek ini juga mempunyai hobi memasak sesuatu yang unik seperti tom yam dan macam-macam seafood untuk anak-anaknya.