Dra. Kunthi Tridewiyanti, M.A

NIP:
090603098
Fakultas:
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Organisasi:
Antropologi
Pendidikan:
S2

profile



Kunthi Tridewiyanti yang lahir di Sei Gerong pada 27 Februari 1961 merupakan pengajar pada Depertemen Antropologi FISIP Universitas Indonesia. Ia telah meraih gelar Doktor di bidang Antropologi, gelar Doktor ini Ia raih dari Fakultas Pascasarjana Universitas Indonesia. Gelar Masternya pun Ia raih di tempat dan bidang yang sama. Namun gelar Sarjana Ia peroleh di tempat yang berbeda dan bidang yang bisa dikatakan cukup jauh berbeda. Ia mengambil gelar Sarjana di Universitas Pancasila dalam bidang Hukum.

Selain gelar Doktor yang ia peroleh Ia juga mempunyai cukup banyak pengalaman Mengajar antara lain sebagai Dosen hukum Pariwisata pada program Diploma III Pariwisata di Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Indonesia tahun 1999, lalu pada tahun 2003 Ia mulai Mengajar sebagai Dosen Antropologi Hukum, Pada Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) di Jakarta. Kemudian pada tahun 2004 Ia menjadi Dosen Antropologi Hukum pada Program Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Karya Ilmiah yang telah dipublikasikan semenjak tahun 2004 sampai 2005 adalah, “Pariwisata”, Ar-Rahman, Vol. 3 No. 16. “Sumpah???”, Ar-Rahman, Vol. 4 No. 3, 10 Desember. “Pelajaran Dari Suatu Tindakan Kekerasan”, Ar-Rahman, Vol. 4 No. 4, 24 Desember. “Bencana Alam dan Solidaritas”, Ar-Rahman, Vol. 4 No. 6, 31 Dasember. “Bencana Alam, Anak dan Negara dan Solidaritas”, Ar-Rahman Vol. 4 no. 7, 7 Januari. “Bencana Alam dan Harta Kekayaan”, Ar-Rahman, Vol. 4No. 8, 14 Januari. “Keyakinan Akan Kematian”, Ar-Rahaman, Vol. 4 No. 10, 4 Februari.

Cukup banyak penelitian yang telah dilakukan oleh Kunthi Tridewiyanti salah satunya adalah Penelitian tentang “Beberapa Pemikiran Tentang Hakim Perdamaian di Papua”, dalam pengkajian Hukum Tentang “Masalah Hukum Eksistensi Peradilan Desa Dalam Penyelesaian Sengketa” yang diselenggarakan oleh Departemen Kehakiman dan HAM RI, Pusat Pembinaan Sistim Hukum Nasional, Badan Pembinaan Hukum Nasional. Sampai saat ini Ia masih aktif mengajar.