Prof, Dr. Maksum Radji, M.Biomed., Apt

NIP:
195012121982111001
Fakultas:
Fakultas Farmasi
Organisasi:
FARMASI
Pendidikan:
S3

profile




Maksum Radji, lahir di Bangkalan, Madura pada tanggal 12 Desember 1950, merupakan angkatan pertama dosen Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang telah disertifikasi oleh Dikti. Besar di keluarga pendidik membuat beliau tidak asing lagi terhadap bidang pendidikan. Oleh karena itu, menjadi dosen baginya merupakan sebuah panggilan dimana beliau dapat berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa.

Setelah lulus dari SMAN Bangkalan di Madura tahun 1969, beliau merantau ke Jakarta untuk melanjutkan studi sarjana Farmasi di FIPIA Universitas Indonesia  yang diperolehnya pada tahun 1978. Setelah itu mengambil program studi apoteker di Farmasi FIPIA Universitas Indonesia pada tahun berikutnya 1979. Pada tahun 1994, menyelesaikan program pasca sarjana di bidang Biomedic di Universitas Indonesia dan kemudian beliau melanjutkan studi doktor di Nara Institute of Science and Technology Biological Science, Jepang  yang diselesaikannya pada tahun 2000.

Selama berkarir di dunia pendidikan beliau telah beberapa kali mendapatkan penghargaan, Peneliti Terbaik Universitas Indonesia, Universitas Indonesia (1994); Penulis Makalah Internasional, Universitas Indonesia (2001); Penulis Buku, Universitas Indonesia (2005); dan Satyalancana Karya Sapta 20 Tahun yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia (2005).

Selama menjabat sebagai Ketua Departemen Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam pada tahun 2003 - 2007, beliau telah banyak memberikan perubahan konsep pembelajaran secara Student Centered Learning.  Beliau juga banyak mengembangkan informasi dengan menyediakan beberapa unit computer yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan dosen. Juga dikembangkan sistem hot spot di Departemen Farmasi untuk mempermudah pengakseskan informasi ilmiah di laptop mereka sendiri.  Beliau juga menerapkan pengelolaan keuangan satu pintu untuk mengendalikan dengan baik kemampuan keuangan di Departemen Farmasi, membuat proposal ke Universitas Indonesia tentang rencana pembangunan Gedung Farmasi Secara Swadana dengan dijamin oleh Universitas Indonesia, membuat proposal untuk mendapatkan pendanaan dari pemerintah melalui program DIPA untuk pengadaan sarana laboratorium, membuat jejaringan kerja untuk meningkatkan revenue Departemen Farmasi, baik dengan pemerintahan ataupun swasta, juga melakukan pembinaan SDM secara terarah dan terpadu sesuai dengan kebutuhan masing-masing Kelompok Bidang Ilmu di Departemen Farmasi.

Selama ini beliau telah banyak mempublikasikan Jurnal Nasional, Nasional terakreditasi maupun Internasional seperti: The Cloning and Characterization of  the CDC 50 Gene Family in Saccharomyces cerevisiae.  Yeast, 2001; EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIKA PROFILAKSIS DI RUANG BEDAH RUMAH SAKIT KANKER DHARMAIS JAKARTA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEJADIAN INFEKSI DAERAH OPERASI, di  Indonesian Journal of Cancer, Vol 2 No. 4 Okt - Des 2008.

Selain itu beliau juga menulis buku  Buku ANALISIS HAYATI,  ISBN : 979-96846-2-5. Cetakan I, 2004; Buku ANALISIS HAYATI,  ISBN : 979-96846-5-5. Cetakan II, 2005; Buku ANALISIS HAYATI,  ISBN : 978-979-448-875-1. Edisi 3 Cetakan I, 2008. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Juga menjadi editor PENUNTUN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI FARMASI. ISBN : 979-96846-1-7. Cetakan I, 2004; dan juga PENUNTUN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI FARMASI. ISBN : 979-96846-6-8. Cetakan II, 2006.

Sejak tahun 1991, beliau telah banyak mengikuti berbagai seminar Internasional maupun internasional, yaitu sebagai Pembawa Makalah maupun Pembicara. Seluruh penelitian dan karya ilmiah yang beliau hasilkan seluruhnya sesuai dengan bidang yang pernah dipelajarinya  untuk mengembangkan ilmu yang beliau dapatkan agar dapat bermanfaat dalam pengajaran yang beliau berikan.

Beliau merupakan seorang yang gigih bekerja, dan serius dalam mengerjakan perannya sebagai dosen. Hal ini juga dikarenakan kecintaannya kepada almameter sehingga beliau sanggup mengembangkan Departemen Farmasi.

Saat ini beliau tinggal di depok bersama Istrinya, Susi Lastuti, dan dikaruniai seorang anak, Rizki.