Dra. Maryati Kurniadi, M.Si., Apt.

NIP:
141303002
Fakultas:
Fakultas Farmasi
Organisasi:
FARMASI
Pendidikan:
S2

profile




Maryati Kurniadi, lahir di Jakarta pada 23 Januari 1948, merupakan dosen departemen Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang berasal dari lulusan angkatan ke dua dari departemen yang sama.

Setelah lulus dari SMA St. Ursula, Jakarta Pusat pada tahun 1966 beliau melanjutkan kuliah Sarjana Farmasi di Universitas Indonesia, dan lulus pada tahun 1974. Lalu melanjutkan studi program apoteker yang diselesaikannya pada tahun 1975. Beliau juga melanjutkan mengambil gelar Master di bidang Sintesa Obat yang diraihnya pada tahun 1977.

Beliau telah beberapa kali mempublikasikan beberapa jurnal penelitian maupun artikel ilmiah seperti, Aktivitas Sari Lobak (Raphanus sativus L.) terhadap Kelarutan Batu Ginjal Kalsium secara In Vitro, pada Jurnal Bahan Alam Indonesia, Vol 7, No 1, Juli 2009; Analisis Zat Warna Sintetik Terlarang Untuk Makanan Yang Beredar di Pasaran, pada Majalah Ilmu Kefarmasian Vol. IV, No.1 (2007).

Atas jasanya di bidang pendidikan beliau mendapatkan tanda jasa berupa Satyalencana Karya Satya 20 Tahun (1998) dan Satyalencana Karya Satya 30 Tahun (2008) oleh Presiden Republik Indonesia .

Baginya mengajar merupakan suatu panggilan yaitu untuk ikut berperan dalam mencerdaskan bangsa. Harapannya saat ini adalah agar departemen Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dapat lebih mandiri menjadi sebuah Sekolah Kefarmasian yang setingkat dengan Fakultas. Beliau juga berharap adanya kurikulum baru yaitu Sintesa Obat, harapannya agar mahasiswa Farmasi setidaknya dapat membuat sendiri bahan baku obat dan tidak bergantung kepada bahan baku yang diimport dari luar.

Saat ini beliau tinggal di Rawamangun bersama suaminya Bernhard Kurniawan, dan dikaruniai dua orang anak yang telah mandiri, Imelda dan Nidia, juga seorang cucu dari anak pertamanya.