Dra. Mira Indiwara Pakan Rahardjo, M.A

NIP:
0906050085
Fakultas:
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Organisasi:
Antropologi
Pendidikan:
S2

profile



Mira Indiwara P. Raharjo yang lahir di Bandung, 15 Maret 1961 adalah staff pengajar tetap di jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Pada bidang pendidikan formal ia memulainya di SD IMKA/YMCA, Jl. Mendut no 11a, Jakarta, yang diselesaikannya pada Desember 1973, dilanjutkan di SMP Negeri I, Jl. Cikini Raya no 87, Jakarta, tahap ini ia selesaikan pada Desember 1976, lalu ia melanjutkan ke SMA Negeri III, Jalan Setiabudi no.2, Jakarta, tamat pada April 1980. Pada tingkatan Universitas Ia menyelesaikan dan mendapat gelar sarjana pada tahun 1988 di Universitas Indonesia, kemudian Ia mengambil gelar Master pada 1995 juga di Universitas Indonesia. Sekarang Ia sedang mengejar gelar Doktornya pada Program Pascasarjana Antropologi Universitas Indonesia.

Pengalamannya dalam bidang penelitian cukup banyak, Seperti pada tahun 1984 saat menjadi tenaga surveyor dalam penelitian mengenai media anak-anak yang diselenggarakan PT Gramedia, lalu menjadi peneliti utama dalam penelitian mengenai Upacara Pemakaman di tana Toraja selama empat setengah bulan untuk skripsi S1, Jurusan Antropologi FISIP UI, Kemudian Pada 1996 Menjadi Peneliti Utama dan coordinator lapangan dalam Penelitian Pemetaan Kebijakan Mengenai Kesehatan Mengenai Reproduksi Wanita dan Remaja di Jakarta yang diadakan oleh Persatuan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI). Ia juga pernah bekerja di bidang non akademis seperti ketika menjadi tenaga Photographer dan penulis di majalah HAI pada tahun 1987 hingga 1989 dan Menjadi Photographer dan penulis di majalah MODE pada tahun 1989-1991.

Di bidang Organisasi ia aktif di organisasi Ikatan Kekerabatan Antropologi Universitas Indonesia pada tahun 1981-1988, pada tahun yang sama ia juga aktif dalam organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI), dan banyak lagi organisasi yang ia ikuti seperti Organisasi Yayasan Saraswati sebagai coordinator dana, kemudian ia juga aktif dalam organisasi Aososiasi Antropologi Indonesia (AAI). Ada beberapa karya ilmiah yang telah ia hasilkan, tetapi tidak hanya karya ilmiah, ia juga menghasilkan karya non ilmiah seperti ketika bekerja sebagai penulis di majalah MODE.