Dr. drg. Mochamad Fahlevi Rizal, Sp.KGA (K)

NIP:
197410101998021001
Fakultas:
Fakultas Kedokteran Gigi
Organisasi:
Ilmu Kesehatan Gigi Anak
Pendidikan:
S3

Profile

Orang Muda Harus Berfikir Maju ke Depan untuk Indonesia

Pertama bergabung di Universitas Indonesia sebagai mahasiswa di Fakultas Kedokteran Gigi angkatan 1992. Pendidikan dokter gigi berhasil diselesaikan dalam 5 tahun pada tahun 1997 oleh anak pertama dari lima bersaudara ini, putra dari Dr. H. Rizal Djaka dan Hj. Erna Djuwita. Setelah lulus sebagai dokter gigi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia membuka peluang untuk bergabung sebagai dosen di Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Anak pada tahun yang sama. Pada tahun 1998 pria kelahiran Cimahi, 10 Oktober 1974 yang biasa dipanggil Levi mendapatkan tugas belajar guna memperoleh gelar Spesialis Kedokteran Gigi Anak (SpKGA) di Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Anak Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia dan berhasil diselesaikan dalam waktu dua setengah tahun dengan predikat Cum Laude (IPK 3.76). Pada masa itu "Oom Levi", demikian pasien-pasien anak memanggilnya, adalah Spesialis termuda dan peserta program spesialis pertama yang berhasil menyelesaikan pendidikannya dalam waktu dua setengah tahun. Pada tahun 2006, lima tahun setelah menyelesaikan pendidikan Spesialisnya, alumni SMA 1 Tangerang ini kembali mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan S3 di Program Doktor Bidang Ilmu Kesehatan Program Studi Ilmu Kedokteran Gigi Universitas Indonesia dengan penelaahan di bidang mikrobiologi dan diselesaikannya dalam waktu  dua tahun sepuluh bulan. Promosi yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2009 dengan disertasi yang berjudul Serotipe Mutans Streptococci dan Level Mucin MG2 Saliva Sebagai Indikator Karies Pada Anak Usia 3-5 Tahun Yang Mempunyai Kebiasaan Minum Susu Botol dengan Promotor Prof. Heriandi Sutadi,  drg. SpKGA(K), PhD. dan Ko-Promotor drg. Boy M Bachtiar, MS, PhD.,  sekali  lagi mengantarkannya sebagai Doktor Termuda pada kelulusan di semeseter genap 2009 dengan predikat Cum Laude (IPK 3.86). Baik pendidikan Spesialis maupun Doktor dilewatinya dengan nyaman karena beasiswa dan grant penelitian dari pemerintah. Hal ini yang menyebabkan adanya kewajiban moral untuk mengembalikan ilmu yang didapatkan kepada masyarakat.

Aktifitas di luar kampus adalah dokter gigi anak di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Islam Cempaka Putih dan Rumah Sakit Meilia Cibubur. Kegiatan sebagai profesional di bidang kedokteran gigi anak ini telah membawa suami dari Eka Rini Octariana SE. Ak. AMII (alumni FE UI angkatan 1992) dan ayah dari Muhammad Ghithrif Farras Rasyad dan Muhammad Ghariy Hilmy Tsaqib ini sebagai ketua pengurus daerah Jakarta Raya Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia periode 2006-2010 dan  Member of Board Director Pediatric Dentistry Association of Asia 2008-saat ini. Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia melalui keputusan Kolegium Kedokteran Gigi Anak Indonesia telah mengakui keahliannya sebagai Spesialis Kedokteran Gigi Anak Konsultan dalam bidang Patologi Jaringan Keras dan Lunak Mulut Pada Anak.

Harapan dan ambisi utama adalah menjadikan profesi Dokter Gigi Anak menjadi profesi yang besar di Indonesia dengan upaya mengembangkan Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Anak Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia menjadi departemen yang disegani baik dari sisi sumber daya manusia maupun karya-karya nya yang berkualitas dunia.
081311283838