Dr. Mutiara Hikmah, S.H., M.H.

NIP:
197001211996032002
Fakultas:
Fakultas Hukum
Organisasi:
Hukum Internasional
Pendidikan:
S3

profile

Mutiara Hikmah adalah anak ke-8 dari 9 bersaudara dari Pasangan Hj. Siti Fathonah dan M. Soebijkato (alm). Tamat SMA pada tahun 1989 dengan memperoleh Peringkat Pertama untuk Ilmu Sosial di SMA Negeri 33 Jakarta. Pada tahun yang sama, mengikuti tes UMPTN dan Test di Program Diploma Departemen Keuangan. Ketika keduanya diterima, hidup harus memilih. Akhirnya dipilih melanjutkan Program Diploma Keuangan dengan mengabaikan  FISIP UI jurusan Ilmu Politik.

Pada tahun 1990, berniat meninggalkan Departemen Keuangan, ikut lagi tes UMPTN dan diterima di Fakultas Hukum UI. Setelah Tamat bulan Januari 1995, berrbakti pada almamater mulai meniti karier sebagai asisten Dosen untuk kelompok Mata Kuliah Hukum Antar Tata Hukum. Pada Tahun 1999 melanjutkan kuliah S2 di Pascasarjana FHUI sampai tahun 2002. Saat ini sedang menyelesaikan tugas akhir S3 di tempat yang sama.

Produktif di bidang penelitian, publikasi ilmiah dan mengikuti lomba-lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional. Pada tahun 2006, mendapat juara I pada lomba karya tulis yang diselenggarakan Mahkamah Konstitusi dan juara I penulisan Essai Bidang Hukum yang diselenggarakan Jurist Makara. Pada tahun 2007, mendapat juara I Lomba Karya Tulis tentang Komunitas Adat Terpencil yang diadakan oleh Departemen Sosial RI.