Profile

Alin Halimatussadiah bergabung menjadi staf tetap UI sejak tahun 2007. Gelar S1, S2 dan S3-nya ia tamatkan di Universitas Indonesia, dengan subjek Ilmu Ekonomi. Selain mengajar khususnya untuk subjek Mikroekonomi, Statistik dan Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Alin aktif melakukan riset maupun kegiatan pengabdian masyarakat.

Untuk kegiatan riset, bidang utamanya adalah Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, dengan topik seputar environmental valuation, cost-benefit analysis, climate finance, green fiscal instruments, sustainable waste management. Selain itu ia juga melakukan riset di bidang Ekonomi Ketenagakerjaan khususnya terkait ketenagakerjaan untuk penyandang disabilitas serta bidang Ekonomi Kesehatan terkait program Jaminan Kesehatan Nasional.

Kegiatan riset yang dilakukan pertama kali ketika ia bergabung sebagai asisten peneliti di Pusat-Antar-Universitas, Universitas Indonesia. Setelah itu ia menjadi peneliti di Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI dan sejak tahun 2014 menjadi peneliti di Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, FEB UI. Saat ini ia menjadi Kepala Kajian Ekonomi Lingkungan di LPEM FEB UI.

Selain peneliti, Alin juga aktif mengikuti beberapa organisasi dan international conference. Ia merupakan Sekretaris Jenderal II pada Indonesian Regional Science Association (IRSA), Wakil Direktur Economy and Environment Institute Indonesia (EEII). International conference yang pernah dan/atau rutin diikuti antara lain IRSA Conference, EAAERE (the East Asian Association of Environmental and Resource Economics) Conference.