profile







Prof. Nachrowi diangkat sebagai Guru Besar Tetap FEUI untuk matakuliah Matematika Ekonomi dan Ekonometri pada tanggal 1 Agustus 2007 oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia dan dikukuhkan pada tanggal 15 Desember 2007 oleh Dewan Guru Besar Universitas Indonesia di Aula FKUI, Jakarta. Karya ilmiahnya yang dapat digolongkan dalam kelompok Ekonomi Kuantitatif telah banyak dipublikasikan di berbagai media cetak baik dalam bentuk buku, jurnal ilmiah, artikel dalam buku, paper series, paper yang dipresentasikan dalam forum ilmiah, majalah populer maupun surat kabar.





Selain berkiprah dalam kegiatan akademis, Prof. Nachrowi juga seringkali diberi tugas kegiatan administratif di lingkungan Universitas Indonesia baik sebagai pimpinan di tingkat Fakultas, Departemen,  Program Studi, maupun di Lembaga Penelitian. Saat ini (2009-2013), Prof. Nachrowi diberi amanah untuk memimpin Program Studi S2 dan S3 Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.  Meskipun sambil mengemban tugas administrasi, tugas utama Prof. Nachrowi sebagai pengajar selalu diutamakan. Hal ini terbukti dengan terpilihnya Prof. Nachrowi sebagai Dosen Terbaik Fakultas Ekonomi dan juga Dosen Berprestasi I Universitas Indonesia pada tahun 2006.





Pria yang dilahirkan di Kudus (Jawa Tengah) pada Hari Pendidikan Nasional ini meraih BSc. (1977) dan Doctorandus (1978) dalam bidang Ilmu Matematika dari Universitas Indonesia, memperoleh MSc. (1983) dalam bidang Operations Research dari Stanford University, California, USA, serta mendapatkan MPhil. (1992) dan PhD. (1994) dalam bidang Ilmu Ekonomi dari The George Washington University, Washington, DC., USA. Pada saat menjadi mahasiswa UI, beliau terpilih sebagai Mahasiswa Teladan Universitas Indonesia pada tahun 1978.