profile





Prof. Dr. Ir. Raldi Artono Koestoer DEA adalah Guru Besar di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Lahir di Jakarta pada 21 September 1954, beliau meraih gelar sarjana Teknik Mesin di FTUI pada tahun 1978. Beliau menyelesaikan pendidikan master bidang  Energetics di Ecole Nationale Superieure de Mecanique et Aeronautique (ENSMA) - POITIER FRANCE pada tahun 1981 dan pendidikan doctoral di bidang Perpindahan Kalor di Universite De Paris XII pada tahun 1985.

Karir mengajarnya dimulai sejak tahun 1979. Hingga saat ini, beliau masih aktif mengajar di Departemen Teknik Mesin. Predikat guru besar diraihnya pada tahun 2006. Mata kuliah beliau ajarkan  antara lain Pengukuran dan Metrologi dan Etika Enjiniring. Beliau pernah menjabat sebagai Kepala Laboratorium Perpindahan Kalor (1994-2003), Sekretaris Departemen Teknik Mesin (1986-1989), dan tercatat berbagai jabatan struktural FTUI pernah beliau jabat. Saat ini, beliau terlibat berbagai proyek pengembangan produk hasil penelitian dosen DTM dan menjabat sebagai PT MSU (Medixe Sekawan Utama) dan Preskom PT SUI (Sekawan Utama Internasional). Hasil riset inkubator bayi hasil penelitiannya di Fakultas Teknik UI kini telah diproduksi masal.

Beliau juga aktif menulis publikasi ilmiah. Beberapa publikasi ilmiah yang beliau hasilkan antara lain Combustion Study of Non-Carbonized Coal Briquette, Hydraulics Transport of Mud Slurry Flows in a Spiral Pipe, Penelitian dan pengembangan usaha inkubator bayi, Pengembangan sistem pemanasan kompartemen ayam broiler (DOC) menggunakan burner berisolasiPengaruh koefisien perpindahan kalor konveksi fluida air bersuspensi nano partikel (A12O3) pada fintube heat exchanger, Pemanfaatan elemen peltier bertingkat dua pada aplikasi kotak vaksin, Kenaikan koefisien perpindahan kalor kondensasi film pada kondenser silinder vertikal dengan nanofluida A12O3 – air sebagai fluida pendingin, Exergy Analysis of Steam Power Plant Perfomance By Utilizing Thermal Waste to Electrical Energy, Determination of Flow Properties of Mud Slurry, Analisis kinerja pendinginan dan pemanasan delta box berbasis elemen peltier sebagai pompa kalor dan lain-lain. Beberapa penghargaan yang pernah beliau raih antara lain Piagam Penghargaan pada Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin IV- 2005, di Denpasar Bali, 21- 22 Nov 2005, Runner-up Dosen Terbaik Universitas Indonesia pada tahun 1995. Sebagai researcher, beliau meraih Juara Pertama Peneliti Terbaik Universitas Indonesia pada tahun 1988, runner-up pada tahun 1990 dan Juara Tiga pada Kompetisi Riset UI tahun 1989.

Buku pertama terbit tahun 1988 tetang komputer, lalu disusul buku kedua th 1994 judulnya – Sistem dan Aliran Dua Fase -. Masih ada beberapa buku lagi yang dibuat dalam bidang Perpindahan Kalor. Dan beberapa lagi hanya diterbitkan untuk keperluan internal. Membuat makalah nasional kira-kira sebanyak empat puluhan sedangkan yang internasional mungkin ada 4. Pengalaman mengajar Perpindahan Kalor sejak tahun 1985 dan baru berhenti tahun 2004. Beberapa subyek lain ada juga: Pengukuran Teknik, Metodologi Penelitian, Baru tahun ini mengajar Engineering Profesional Study. Tahun 2006 baru mulai usaha produksi alat kesehatan (Inkubator bayi), sampai bulan Juli 2007 ini sudah berjumlah 30-an.

Dibalik kesibukannya sebagai dosen, peneliti dan berbagai jabatan yang diembannya, beliau gemar melakukan berbagai kegiatan seni, khususnya yang berhubungan dengan musik. Beliau yang kerap tampil dalam berbagai petunjukan musik bersama band-nya tergabung dalam The Profesor Band (sebagai pemain flute dan vokalis) serta Band Deproftek (sebagai pencipta lagu). Dosen yang terkenal humoris dan hobby online ini mematahkan citra guru besar yang terkesan “seram” dan pemarah. Dari pernikahannya dengan Harlina Alwi, beliau dikaruniai dua orang anak, yaitu Wahyu Perdhana dan Lulu Safira.