Profile

Prof. Yahdiana Harahap ditetapkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Farmasi pada tahun 2010. Menyelesaikan pendidikan strata satu pada Jurusan Farmasi Fakultas MIPA UI pada 1987 dan lulus sebagai apoteker tahun 1988. Selanjutnya, menempuh pendidikan S-2 dan S-3 di Departemen Farmasi FMIPA Institut Teknologi Bandung dan meraih gelar Master tahun 1994 serta gelar Doktor tahun 2003.
Bidang keilmuan yang ditekuni adalah Kimia Farmasi Analisis terutama Bioanalisis dan Analisis DNA-Adduct. Berdasarkan bidang keilmuan tersebut, saat ini banyak mengembangkan metode analisis dalam matriks biologi terutama yang berhubungan dengan studi bioekivalensi untuk penjaminan mutu obat terutama obat generik. Karya ilmiah yang dihasilkan saat ini sudah lebih dari 70 baik pada jurnal internasional, nasional, maupun yang disampaikan pada seminar nasional dan internasional. Sudah 5 tahun terakhir rutin diundang sebagai invited speaker pada berbagai Bioavailability/Bioequivalence Congress dan Analytical and Bioanalytical Technique Conference yang diadakan di berbagai negara,
Karier akademiknya dimulai pada tahun 1991, saat memulai mengajar pada Jurusan Farmasi FMIPA UI. Pernah menjabat sebagai Koordinator Pusat Pelayanan dan Pengabdian pada Masyarakat Departemen Farmasi FMIPA UI (2002-2008), Penanggung Jawab Teknis dan Mutu Laboratorium BA-BE pada Departemen Farmasi FMIPA UI (2006-2008), Ketua Departemen Farmasi FMIPA UI (2008-2011), Pj Dekan Fakultas Farmasi UI (2011-2013), dan sekarang sebagai Kepala Laboratorium BA-BE Fakultas Farmasi UI sejak tahun 2008.
Selain aktif pada bidang pengajaran dan penelitian, juga aktif sebagai Tim Ahli di Badan Pengawas Obat dan Makanan sejak tahun 2008, Asesor Laboratorium KAN ISO 17025 sejak tahun 2010, anggota Dewan Pakar Ikatan Apoteker Indonesia, Saksi Ahli di Badan Narkotika Nasional, reviewer pada beberapa jurnal internasional, sebagai Vice President pada Asian Federation of Pharmaceutical Science, dan sebagai Ketua Divisi Farmasi di Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes).