profile



Jajang Gunawijaya yang lahir di Bogor, 17 Mei 1966 mengawali pendidikan tingginya di Universitas Indonesia dan mengambil gelar sarjananya pada tahun 1990, Gelar Master ia peroleh juga di Universitas Indonesia pada tahun 1995. Kemudian ia juga mulai menjalani program S3 di Universitas Indonesia, Semua itu ia ambil di jurusan Antropologi.

Pada ranah publikasi ilmia Ia telah menghasilkan beberapa karya diantaranya, Keramik Lombok sebagai Aset Kepariwisataan yang terbit di jurnal ilmiah Terakreditasi DIKTI Jurnal Pariwisata STISIP Trisakti pada tahun 2002, di tahun berikutnya ia menghasilkan Buku Pedoman Pengembangan Kepariwisataan untuk siswa SMK yang diterbitkan oleh Depdiknas, Kemudian tiga tahun berturut-turut yakni tahun 2005 hingga 2007 ia menghasilkan tiga karya, yang pertama adalah Ekspedisi Indonesia I Terpadu, Gunung Halimun, Yang kedua, Ekspedisi Indonesia II Geografi Tangkuban Perahu Pangandaran, dan Yang ketiga Ekspedisi Indonesia III, Geografi Indonesia Bali. Semua itu diterbitkan di Buku Ekspedisi Geografi Indonesa tahun 2005 hingga 2007. Karya teranyarnya adalah Perjalanan Politik Pejabat Pemandu dalam Pariwisata dan dimuat dalam Jurnal reakreditasi Depbudpar Jakarta.

Ia juga menjalani pengabdian kepada masyarakat sebagai Konsultasi Peneliti pada Dinas Kebudayaan dan permuseuman propinsi DKI Jakarta pada tahun 2001 hingga 2004, Sebagai Instruktur tidak tetap pada pelatihan sertifikasi profesi dinas Pariwisata DKI Jakarta di tahun 2004 hingga sekarang, sebagai juri Pemilihan Abang dan Mpok Depok kemudian Sebagai juri Pemilihan abang none Jakarta periode 2005 sampai 2009.

Kemudian bidang yang menjadi keahliannya adalah Antropologi medis, Pariwisata dan SPA Analysis, bidang kajian penelitian yang ia geluti adalah mengenai etnografi kaum petani tradisional dan pariwisata dan penampakan kebudayaan sosial. Di tahun 2009 ini ia menjabat sebagai ketua Bidang Diklat Ikatan Welnes Masters Indonesia dan Ketua I Ikatan Pelestari Seni Budaya Indonesia DPD-DKI Jakarta. Sampai sekarang ia tentu masih aktif mengajar sebagai dosen pada jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Indonesia.