Profile

Prof.Dr.Topo Santoso,SH.MH lahir di Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah pada 5 Juli 1970. Dia menyelesaian pendidikan sarjana hukum pada tahun 1992 (UI), magister hukum tahun 2000 (UI), dan PhD tahun 2009 di University of Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia.

Sejak tahun 1994 hingga saat ini menjadi dosen tetap di FHUI jenjang Sarjana dan Pasca Sarjana. Mengajar beberapa mata kuliah antara lain: Asas-Asas Hukum Pidana, Sejarah dan Perbandingan Hukum Pidana, Tindak Pidana Tertentu dalam KUHP, Tindak Pidana Ekonomi dan Anti Korupsi, Kriminologi, Hukum Pidana Islam, Pemilihan Umum, dan lain-lain.

Topo Santoso menjadi Dekan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (Desember 2013-Desember 2017). Sebelumnya pernah menjadi wakil dekan, sekretaris fakultas, Direktur Djokosoetono Research Center (DRC), dan Ketua Unit Penjaminan Mutu Akademis (UPMA) di FHUI.

Selain itu Topo juga pernah menjadi Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Pusat (2003-2004), pernah bekerja sebagai National Advisor bidang Security and Justice di Partnership for Governance Reform in Indonesia/ Kemitraan (2006-2008), pernah menjadi Panitia Seleksi Anggota Komisi Yudisial/ KY, Menjadi Panitia Seleksi Hakim Tindak Pidana Korupsi bersama Mahkamah Agung RI, menjadi Ketua Pokja Analisa dan Evaluasi Perundang-undangan bersama BPHN RI, serta menjadi salah satu pendiri dan Board dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Pendiri Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PAHAM) Indonesia, Pengurus Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia/ MAHUPIKI (2017 - sekarang).

Topo saat ini juga menjadi dosen luar biasa di Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Jambi di Jambi dan Universitas Sumatra Utara di Medan serta dosen luar biasa program S2 Fakultas Hukum Universitas Riau di Pekanbaru dan Universitas Internasional Batam (UIB) di Batam. Topo Santoso juga menjadi pembimbing dan penguji Doktor di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Universitas Syiahkuala (Unsyiah) di Banda Aceh dan Universitas Krisnadwipayana (Unkris) di Jakarta. Topo juga pernah sering menjadi penguji Doktor di Faculty of Law University of Malaya di Malaysia, pernah menguji Doktor di beberapa kampus lain yaitu: Tilburg University (Belanda), UGM (Yogyakarta), UNDIP (Semarang), Universitas Andalas (Padang), UNS (Solo), UNHAS (Makasar), Universitas Udayana (Denpasar), Universitas Mataram (Mataram), Universitas Tarumanagara (Jakarta).

Topo pernah mengikuti Summer Course di Bond University, Brisbane, Australia (1994), Academy of American and Internasional Law di Texas, Amerika Serikat (1995), Special Course on Economic Law selama lima bulan di Harvard Law School, Amerika serikat (1996), kunjungan studi perbandingan legislasi pemerintah daerah di beberapa negara Eropa yaitu Jerman, Belanda, Belgia, dan Perancis (2003), Konferensi hukum di University of Washington (UW) di Seattle (AS) tahun 2007, Konferensi Perbandingan Hukum di Queen's University Belfast di Inggris (2009), dan menjadi Visiting Fellow di ASLI Institute, Singapore (2010), menjadi presenter pada ASLI Conference di Filipina, Taiwan, Malaysia, Singapura. Topo juga pernah menjadi anggota Pemantau Internasional Pemilu di Filipina.

Topo menjadi anggota dari International Academy of Comparative Law yang berpusat di Paris, Perancis sejak 2016 sampai sekarang. Pada tahun 2015 - 2018 menjadi Ketua Asosiasi Dosen Perbandingan Hukum Indonesia. Topo pernah menjadi Visiting Fellow di National University of Singapore (NUS).

Sampai saat ini Topo sudah menghasilkan 22 buku antara lain: Kriminologi (co-author bersama Eva Achjani Z), Seksualitas dan Hukum Pidana, Polisi dan Jaksa: Keterpaduan atau Pergulatan?, Menggagas Hukum Pidana Islam, Membumikan Hukum Pidana Islam, Asas-asas Hukum Pidana Islam, Mengawasi Pemilu, Mengawal Demokrasi (co-author bersama Didik Supriyanto), Menunggu Perubahan dari Balik Jeruji (co-editor bersama Hasril Hertanto), Pra-Penuntutan dan Perkembangan di Indonesia (co-author bersama Choky R. Ramadhan), Tindak Pidana Pemilu, Pemilu di Indonesia: Regulasi, Pelaksanaan dan Pengawasan (co-author bersama Ida Budhiati), dll.

Topo juga telah menulis berbagai artikel jurnal internasional seperti Asian Journal of Comaparative Law dari NUS Singapura, Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities dari Malaysia, International Islamic University Law Journal dari Malaysia, dan The International Sport Law Journal dari Asser Institute Belanda, Indonesia Law Review dari UI serta beberapa jurnal ilmiah nasional seperti Jurnal Hukum dan Pembangunan (UI), Mimbar Hukum (UGM), Dinamika Hukum (Unsoed).

Topo Santoso saat ini juga aktif menjadi Dewan Redaksi/ Reviewer/ Mitra Bestari di beberapa jurnal ilmiah seperti Indonesia Law Review (FHUI), Diponegoro Law Review dan Jurnal Masalah-Masalah Hukum (UNDIP), Jurnal Negara Hukum dan Jurnal Parliamentary Review (DPR), Padjadjaran Jurnal Ilmu Hukum (Unpad), Mimbar Hukum (UGM), Journal of Islamic Studies, Sharia Journal (FHUI), Jurnal Konstitusi (MK), Jurnal Yudisial (KY), Jurnal Etika Pemilu (DKPP), dll.

Topo juga telah menulis ratusan artikel opini di media massa nasional (Kompas, Media Indonesia, Republika, Sinar Harapan, Suara Pembaruan, Terbit, dll) serta aktif menjadi narasumber dalam berbagai seminar, lokakarya, Diskusi dan kegiatan ilmiah lainnya baik di dalam maupun luar negeri.