Profile

Dr. Hendricus Andy Simarmata

simarmata.andy@yahoo.com

Profil Singkat

Selain bekerja sebagai dosen tidak tetap dan peneliti senior pada program S2- Kajian
Pengembangan Perkotaan, Hendricus Andy berprofesi sebagai seorang perencana kota dan wilayah yang berpraktik selama kurang lebih 13 tahun. Beliau pemegang sertifikat Ahli Utama dari LPJKN dan aktif sebagai anggota organisasi internasional, seperti ISOCARP, EAROPH, dan RSA. 

Lulus dari Jurusan Teknik Planologi ITB pada tahun 2001 dan program magister Kajian Pengembangan Perkotan (KPP) UI pada tahun 2006 dengan predikat Cum Laude, beliau juga baru saja menyelesaikan pendidikan jenjang S3-nya di Fakultas Filsafat, Universitat Bonn, Jerman dengan predikat Magna Cum Laude pada tahun 2016 yang lalu.

Mata kuliah yang diajarkannya adalah Pengembangan perkotaan di Wilayah Kepulauan Tropis, bersama dengan Prof Abimanyu T. Alamsyah dan Metoda Perencanaan Perkotaan, bersama dengan Dra. Widyawati MSP. Spesialisasi bidang keahliannya adalah perencanaan kota, penataan ruang, perencanaan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, pengurangan risiko bencana, serta pengembangan wilayah. 

Beliau juga aktif tercatat dalam kepengurusan nasional Ikatan Ahli Perencana (IAP) Indonesia sejak 2007 dan sekarang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal IAP 2016-2019. Salah satu kontribusinya di IAP adalah merancang program pendidikan keprofesian secara berkelanjutan (continuous professional development) dan sertifikasi perencana wilayah dan kota dalam rangka peningkatan kapasitas dan daya saing perencana Indonesia. 

Selain itu, beliau juga seringkali diundang sebagai pembicara maupun narasumber untuk acara konferensi internasional dan seminar nasional maupun wawancara di media massa nasional. Beberapa penghargaan yang diterima dalam 7 (tujuh) tahun terakhir, antara lain: The World Social Science Fellowship dari International Social Science Council (ISSC) untuk bidang Sustainable Urbanisation pada tahun 2014, Academia Fellow pada Anthropocene Campus Berlin pada tahun 2014, dan penerima travel grants dari berbagai lembaga internasional, seperti BIARI-Brown University (2014), BWPI-Manchester University (2014), SEA-START - Taipei (2011) (2009), dan ROAP-UN Habitat - Changwon (2010).