Profile

Lina Miftahul Jannah. Begitu ayah saya memberikan nama. Katanya sih artinya kunci surga. Duh berat banget menyandang nama ini. Tapi, itulah hebatnya ayah. Repotnya punya suami yang punya motto " no vacation for journalist", Muhammad Yasin Sipahutar.

Pendidikan sarjana hingga doktoral diselesaikan di Universitas Indonesia dalam bidang yang linear yaitu Ilmu Administrasi, khususnya Administrasi Publik. Pernah menjabat di Universitas Indonesia sebagai Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara di Program Sarjana Ekstensi (2003), Sekretaris Departemen Ilmu Administrasi (2003-2005), Pelaksana Harian Selo Soemardjan Research Center (2005-2008), Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Program Sarjana Reguler dan Non Reguler, Departemen Ilmu Administrasi (2008-2009), Sekretaris Program Pascasarjana Departemen Ilmu Administrasi (2009-2013), dan terakhir menjabat sebagai Ketua Program Sarjana Reguler dan Kelas Paralel Departemen Ilmu Administrasi. Aktif dalam Indonesian Association for Public Administration (IAPA) sebagai Sekretaris Jenderal (2013-2016)

Bidang kajian yang ditekuni selama ini adalah di bidang Sumber Daya Manusia Sektor Publik, Kebijakan Publik, dan Pendidikan.

Beberapa buku dan artikel jurnal yang pernah dihasilkan sejak 2001:
1. Buku materi pokok untuk Universitas Terbuka: Riset Pemasaran (2001) ditulis bersama Hari Nugroho, Bambang Prasetyo, dan Ingrid Irawati; Statistik Sosial I (2001), ditulis bersama Sulastiawan dan Ezra M.Choesin; Statistik Sosial (2010) ditulis bersama R. Sulastiawan; "Metode Penelitian Kuantitatif (2011), ditulis bersama M. Imam Alfie Syarien, dan Nurul Safitri.
2. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi (2005) ditulis Bambang Prasetyo diterbitkan oleh PT. RajaGrafindo Persada. Buku ini sudah mencapai 11 kali cetakan; Dampak Desentralisasi Terhadap Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dan Kerusakan Lingkungan (2010), ditulis bersama Prof. Dr. Eko Prasojo, dkk, Penerbit Departemen Ilmu Administrasi UI; "Dampak dan Masalah-Masalah dalam Penyelenggaraan Daerah Otonom Baru (2012) ditulis bersama Eko Prasojo, Defny Holidin, Desy Hariyati Penerbit UI Press; "Membuka Informasi Menuju Good Governance (2012), ditulis bersama Eko Sakapurnama, Muh. Azis Muslim, dan Desy Hariyati, diterbitkan UI Press; "Peran Kepemimpinan dalam Reformasi Birokrasi Daerah: Studi di Kota Yogyakarta" (2012) ditulis bersama Muh. Azis Muslim, Eko Sakapurnama, Desy Hariyati Penerbit UI Press; "Buku Teks Pelajaran: Implementasi Kebijakan dan Masalah yang Dihadapinya (2014) ditulis bersama Muh. Azis Muslim, Eko Sakapurnama, dan Umanto Eko Prasetyo diterbitkan UI Press; "Diskursus Seputar Institusionalisasi Prinsip-Prinsip Democratic Governace pada Pemerintahan Provinsi Di Indonesia" dalam Syaifuddin, Ahmad Fedyani (et.all) Kontribusi Ilmu Sosial-Politik dalam Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN( 2014) ditulis bersama Zuliansyah Putra Zulkarnain diterbitkan FISIP UI Press

3. Artikel Jurnal: "Usaha Kecil dan Mikro: Kebijakan dam Investasi Masa Depan," Jurnal Ilmu Administrasi & Organisasi Bisnis dan Birokrasi Edisi Mei 2004 (terakreditasi Dikti); "Akses Terhadap Informasi Hukum Sebagai Wujud Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance," ditulis bersama Muhammad Yasin, 2006, dalam Jurnal Ilmu Adminisrasi & Organisasi Bisnis dan Birokrasi Vol.XIV/Nomor 4/Desember/2006 (terakreditasi Dikti), "Pekerja Rumah Tangga: Tenaga Kerja tanpa Kejelasan Status," 2007, dalam Jurnal Ilmu Administrasi & Organisasi Bisnis dan Birokrasi Volume XV Nomor 2/Mei 2007 (terakreditasi Dikti); "Evaluasi Pemekaran Kabupaten Sambas Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 129 Tahun 2007, ditulis bersama Roy V. Salomo, Muh. Azis Muslim, dan Umanto Eko Prasetyo, 2008, dalam Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi Bisnis & Birokrasi (terakreditasi); "The Jazz Of Innovation: Belajar Berorganisasi Dari Musik Jazz," 2009, dalam Jurnal Administrasi Terapan Qualified & Professional (tidak terkareditasi); "The Impact of Decentralization toward Natural Resource Utilization and Environmental Damage in Indonesia: a Study at the District of Bintan and South Kalimantan Province," (2010), ditulis bersama Eko Prasojo dan Retno Kusumastuti, Indonesia Social Science Review, Vol 1 Number 1; "Implementasi dan Permasalahan dalam Implementasi PERMENDIKNAS No.2 Tahun 2008 tentang Buku" (2012), Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (terakreditasi); "Science & Technology and Innovation policies in Science & Technological Research, Development, and Implementation" (2012) ditulis bersama Prakoso Bhairawa Putera dalam International Journal of Administrative Science & Organization Bisnis & Birokrasi. Volume 19, Number 3, September 2012 http://ssrn.com/abstract=2508584; "The Staff Planning for the Second Category of Honorary Employee in Bogor Regency" (2014), ditulis bersama Leonita Augustine dalam International Journal of Administrative Science & Organization Bisnis & Birokrasi. Volume 21, Number 3, September 2014; The Role of Denpasar Government in Supporting the Resources of Endek Fabric Creative Industry, ditulis bersama Ni Putu Bayu Widhi Antari, dalam International Journal of Administrative Science & Organization Bisnis & Birokrasi. Volume 22, Number 1, January 2015.

Bidang kajian yang ditekuni selama ini adalah di bidang Sumber Daya Manusia Sektor Publik, Kebijakan Publik, dan Pendidikan, sejak 2001 antara lain:
1. "Kajian Kinerja Pemerintah Daerah, Studi Pendahuluan Pada Puskesmas, Pasar, dan Ijin Mendirikan Bangunan di Jakarta, Bandung, dan Surabaya," (2001) bersama Amy Y S Rahayu dkk, Proyek Inovasi dan Kepemerintahan yang Baik bekerjasama dengan Ford Foundation; "Power and Development in Indonesia: Social Impact of Selected ADB Supported Power Sector Projects" (2002) bersama Evelyn Suleeman untuk Insan Hitawasana Sejahtera bekerjasama dengan Asian Development Bank; "Kinerja Layanan Pemerintah Kota Depok" (2003) Ihsanuddin Usman dkk. Forum Inovasi dan Kepemerintahan Yang Baik didanai oleh Ford Foundation; "Mekanisme Komplain Berperspektif Jender di Indonesia" (2005) untuk PATTIRO didanai oleo AUSAID; Evaluasi atas Pelaksanaa Moratorium Penerimaan CPNS di Daerah (2013) bersama Teguh Kurniawan dan Muh. Azis Muslim untuk Sekretariat Wakil Presiden; "Survei Integritas Sektor Publik" (2009 dan 2010) untuk Komisi Pemberantasan Korupsi, bersama PT. Wahana Data Utama, "Potret Kemiskinan Kota Palangkaraya (2009) bersama tim Departemen Ilmu Administrasi UI;" Governance of Public Service Delivery in Jakarta (2010) kerjasama USAID dengan UI CSG; dan "Survei Indeks Kepuasan Masyarakat dan Indeks Integritas Anti Korupsi dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik, (2013, 2014, 2015) untuk Direktorat Jenderal SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama PT. Wahana Data Utama; Kajian RPJM 2013-2019 bidang Aparatur Negara (2013) bersama Muh. Azis Muslim, Eko Sakapurnama, dan Zuliansyah P Zulkarnain untuk Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional; "Pelembagaan Democratic Governance dalam Tata Kelola Pemerintahan Daerah" (2014) bersama Eko Prasojo dan Zuliansyah P. Zulkarnain; dan "Membangun Sistem Merit dalam Reformasi Kepegawaian Negara Indonesia: Preferensi Aktor, Kapabilitas Kelembagaan, dan Model Perubahan (Studi pada Pemerintahan Sub Nasional) (2015) bersama Eko Prasojo dan Zuliansyah P. Zulkarnain.
2. Konferensi Internasional: "Research and Development Institutional Revitalization in Inodonesia' (2011) The 5th Doctoral Students Conference of the Asian Public Administration Network (APAN) di Korea Selatan, dan The 2015 Annual Conference Asian Association for Public Administration: Examining the Dual Roles of Governor in Indonesia Decentralization System di Xi'an China.
3. Modul Pelatihan Mekanisme Pengaduan Pelayanan Publik di Daerah menuju Pelayanan Publik Partisipatif (2011) ditulis bersama Muhammad Yasin untuk Local Government Watch Universitas Indonesia
4. Studi Kelayakan Pemekaran Kabupaten: Sambas (2007), Sumba Timur (2008), Halmahera Selatan (2011), Sumba Timur (2014)

Pernah mendapatkan prestasi sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama FISIP Universitas Indonesia pada 1995, mendapatkan penghargaan sebagai pemakalah terbaik dalam konferensi nasional di bidang Reformasi Birokrasi (2012) dan IAPA Annual Conference (2015).

Selain aktif membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan dan program-programnya, penulis juga banyak membantu pemerintah Indonesia dalam kajian dan riset.