Profile

Andi Fahmi Lubis adalah staf pengajar FEUI yang memperoleh gelar sarjana ekonomi dari FEUI pada tahun 1997. Beliau mengambil konsentrasi Ekonomi Industri dengan judul skripsi "Structure and Market Power: Panel Analysis of Indonesian Manufacturing Sector 1985-1994". Pada tahun 2001, beliau menamatkan pendidikan masternya di program pascasarjana FEUI, dengan mengambil konsentrasi keuangan regional. Tesis beliau pada saat itu berjudul "Impact of General Allocation Grant on Fiscal Balance and Regional Growth". Pendidikan doktor ditamatkan di tempat yang sama pada tahun 2007 dengan disertasi berjudul "Estimasi Market Power Industri Perbankan Indonesia: Pendekatan Model Oligopoli Bresnahan-Lau".

Pengalaman kerja beliau antara lain sebagai Kepala Laboratorium Komputer FEUI, Deputi Managing Editor jurnal Ekonomi Keuangan Indonesia (EKI), Ketua Program Studi Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik (MPKP) FEUI, dan sebagai peneliti di PAU-Ek UI dan Laboratorium Departemen Ilmu Ekonomi FEUI.

Hingga kini masih aktif sebagai pengajar maupun peneliti di FEUI. Sebagai pengajar, mata kuliah yang diajarkan antara lain Mikroekonomi, Makroekonomi, dan Ekonomi Industri/Organisasi Industri. Sementara dalam bidang penelitian, lebih banyak terlibat dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Bappenas, Kemenko Bidang Perekonomian, dan Kementerian PU. Publikasi buku yang telah dihasilkan adalah "Hukum Persaingan Usaha: Antara Teks dan Konteks" sebagai editor dan salah satu penulis.