Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA.

NIP:
195805301986091001
Fakultas:
Fakultas Teknik
Organisasi:
Teknik Sipil
Pendidikan:
S3

Profile

Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA. merupakan staf pengajar senior di Dept.Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Indonesia, peneliti pada Laboratorium Struktur dan Material FTUI untuk bidang kajian Jalan Raya dan Jalan Rel. Lulus dari UI pada tahun 1985 dan melanjutkan pendidikan di Ecole Nationale des Travaux Public de l'Etat (FRANCE), Certificate d'Etudes Superieures, Economie des Transports, selesai pada tahun 1988, kemudian melanjutkan program magister ke Ecole Centrale de Lyon (FRANCE), Diplome Etude Approndise, Mecanique des Sols, lulus pada tahun 1989. Program doktoralnya ditempuh pada tahun 1999-2002 di Ecole Centrale Paris (FRANCE), dan memperoleh Diplome de Docteur, Materiaux des Routiers.

Pada saat pengukuhan Guru Besar Tetap bidang Ilmu Transportasi Fakultas pada tanggal 4 Desember 2013, pidatonya berjudul “Pemberdayaan Audit Kelayakan Jalan Untuk Mengoptimasi Peran Dan Fungsi Jalan dalam Meningkatkan Perekonomian Nasional”.

Sepanjang karirnya, telah menerbitkan puluhan publikasi ilmiah hasil risetnya dan dipublikasikan dalam seminar dan jurnal nasional maupun internasional serta aktif dalam kegiatan workshop, serta member dari Ikatan Lulusan Universitas Indonesia (ILUNI), Persatuan Insinyur Indonesia (PII), anggota dan pengurus Indonesian Road Development Association (IRDA), Wakil Ketua Pengurus Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI), Ketua Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI), anggota dan pengurus Asosiasi Profesor Indonesia (API)

Selain sebagai staf pengajar senior aktif sejak tahun 1985, cukup lama menjabat di kegiatan administrasi sejak 1990 hingga 2014 di kampus UI dimulai sebagai Kepala Laboratorium, Kepala Perpustakaan, Kepala Pusat Administrasi Fakultas, Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan, Sekretaris Eksekutif di Fakultas Teknik UI, dan saat ini menjabat sebagai Direktur Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Dalam karir profesionalnya, aktif sebagai tim pakar jalan raya dan jalan rel pada Komisi Amdal Kementerian Lingkungan Hidup dan ikut serta dalam pembangunan Kampus UI Depok, juga banyak berperan sebagai Ketua Tim Studi dalam bidang jalan raya dan jalan rel bekerjasama dengan institusi swasta maupun pemerintah.