drg. Siti Fardaniah Rivai, SpPros(K)

NIP:
195101261976032001
Fakultas:
Fakultas Kedokteran Gigi
Organisasi:
Prostodonsia
Pendidikan:
Sp1

profile

 drg. Sitti Fardaniah, Sp.Pros(K)

 

Beliau merupakan salah satu staf pengajar dari Departemen Prostodonsia FKG UI yang lahir di Jakarta pada tanggal 26 Januari 1951.  Beliau memiliki bidang kepakaran dalam hal Removable Prosthodontics dan Logopedi dengan klasifikasi kepakaran Gigi Tiruan Sebagian Lepas. Beliau memiliki bidang unggulan dalam hal Gigi Tiruan Sebagian Lepas dengan minat penelitian dalam bidang GTSL, Logopedi. Judul Tesis PPDGS yang beliau buat berjudul Hubungan antara jarak lengan cengkeram kawat ke gingival crest dan pengumpulan plak pada gigi penjangkaran suatu gigi tiruan sebagian  lepas resin akrilik.

Telah banyak penelitian ilmiah dalam duania kedokteran gigi, khususnya Prostodonsi, antara lain:

·         Penentuan dimensi vertikal fisiologis menggunakan lebar mata. (Co Author), Tahun 2005, Sumber dana: pribadi.

·         Pengaruh bahan desinfektan terhadap flexural strength material thermoplastic nylon. (Co Author). Tahun 2005

·         Hubungan antara profil wajah dengan permukaan labial gigi insisif sentral atas berdasarkan jenis kelamin (Kajian pada kelompok umur 18-23 tahun). (Co author), Tahun 2006, Sumber dana: pribadi.

·         Hubungan antara profil wajah dengan permukaan labial gigi insisif sentral dalam perawatan prostodonsia (Kajian pada kelompok umur 18-23 tahun). (Co author), Tahun 2006, Sumber dana: pribadi.

·         Perubahan warna bahan heat cured acrylic resin dan thermoplastic nylon yang direndam dalam minuman teh dan kopi (Co author), Tahun 2007, Sumber dana: pribadi.

·         Hubungan antara lama kehilangan gigi molar pertama bawah yang tidak diganti dengan kemiringan gigi molar kedua bawah ke arah diastema (Dalam kaitan dengan perawatan prostodonsia). (Co Author), Tahun 2007, Sumber dana: pribadi.

·         Hubungan antara lama kehilangan gigi molar pertama bawah yang tidak diganti dengan ekstrusi gigi molar pertama atas antagonis (Dalam kaitan dengan perawatan prostodonsia). (Co Author), Tahun 2007, Sumber dana: pribadi.

·         Hubungan antara lama kehilangan gigi molar pertama bawah yang tidak diganti dengan pergerakan gigi premolar kedua bawah pada sisi yang sama  (Dalam kaitan dengan perawatan prostodonsia). (Co Author), Tahun 2007, Sumber dana: pribadi.

·         Palatogram pada pengucapan konsonan linguo-palatal bahasa Indonesia. (Co Author), Tahun 2008, Sumber dana: pribadi.

·         Perlekatan candida albicans pada resin akrilik self polymerizing pouring/ casting. (Co Author), Tahun 2008, Sumber dana: pribadi.

 

Penelitian-penelitian yang telah dipublikasikan, antara lain :

·         Protesa tanpa cengkeram. PDGI Cabang Depok. 24 Februari 2007.

 

Selain sebagai staf pengajar di Departemen Prostodonsi FKG UI, beliau juga aktif sebagai anggota organisasi ilmiah, antara lain :

·         PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia)

·         IPROSI (Ikatan Peminat Prostodonsia Indonesia)