NIP:
Fakultas:
Organisasi:
HUKUM
Pendidikan:
S2

Profile

Dr. Teddy Anggoro, anak bungsu dari 3 bersaudara pasangan M. Noer Asyikin dan Noeroel A’ini telah menunjukan kemampuannya dalam kepemimpinan dan minatnya pada buku sejak usia dini. Menyelesaikan pendidikan formal sejak taman kanak-kanak sampai sekolah menengah umum di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Dia melanjutkan pendidikan tinggi pada Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dimulai dari jenjang Sarjana dimana dia diterima di almamater yang dia cintai melalui jalur tanpa tes tertulis (Penelusuran Minat dan Bakat), sampai dengan jenjang Doktoral pada usia yang sangat muda yaitu 30 Tahun.

Pendidikan profesional yang dijalani, mulai dari pendidikan advokat sampai dengan beberapa pendidikan profesi lainya. Saat ini tercatat sebagai Advokat terdaftar Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) dan Kurator dalam Kepailitan serta Pengurus dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) terdaftar Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

PENGALAMAN ORGANISASI
Pengalaman organisasi dilalui dengan menjadi aktivis kampus, berbagai jabatan pernah diembannya, seperti, Pejabat Sementara Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Pendiri Badan Semi Otonom Law Student for Legal Practice, Manajer Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia Lembaga Kajian Keilmuan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dan Wakil Sekretaris Jenderal Barisan Muda Kosgoro 1957.

Bidang organisasi dan manajemen formal, pernah dikecapnya dengan diangkatnya oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia sebagai Asisten Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Posisi ini pula yang semakin mendekatkannya dengan organisasi kemahasiswaan yang dulu pernah dia urus.

KARIR SEBAGAI AKADEMISI
Dr. Teddy Anggoro, merupakan pengajar termuda pada Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Pengangkatan pertama sebagai asisten dosen pada saat berusia 22 Tahun, dan 2 tahun kemudian, yaitu pada usia 24 Tahun diangkat sebagai Pengajar Tetap Universitas Indonesia.

Mata kuliah yang diasuh adalah mata kuliah di bidang hukum ekonomi, meliputi Hukum Persaingan Usaha, Hukum Kepailitan, dan Analisa Ekonomi dari Hukum untuk Program Sarjana. Hukum Persaingan Usaha, Persaingan dan HKI, dan Hukum Perusahaan untuk Program Magister Hukum. Hukum Jaminan dan Hukum Kepailitan untuk Program Magister Kenotariatan.

Selain itu, mengajar pula pada pendidikan profesi, seperti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), Pendidikan Kurator dan Pengurus, serta memberikan lokakarya, seminar, workshop, in-house training bagi pelaku usaha, dan pemerintah.

Pengalaman sebagai akademisi, mengantarkan permintaan sebagai penyusun Peraturan Perundang-undangan. Seperti Amandemen Undang-Undang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, Amandemen Undang-Undang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang, Undang-Undang Keinsinyuran, Amandemen Undang-Undang Minyak dan Gas Bumi, Peraturan Pemerintah Badan Layanan Umum, Peraturan Pemerintah Jalan Raya, Peraturan Menteri Hukum dan HAM mengenai Penjatuhan Sanksi Terhadap Notaris, Amandemen Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara mengenai Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelayanan Teknis.
Kecintaan terhadap penulisan dan publikasi ilmiah, dibuktikan dengan kepercayaan Fakultas Hukum Univesitas Indonesia menjadikannya Sekretaris Editor pada Jurnal Ilmiah Hukum Tertua di Indonesia, yaitu Jurnal Hukum dan Pembangunan.

Selain itu, dia sangat aktif membuat publikasi untuk memperkaya khasanah keilmuan dan praktek hukum di Indonesia, dengan publikasi sebagai berikut:
1. Kajian Kritis Terhadap Permasalahan Hukum Yang Timbul Dalam Kegiatan Usaha Hulu Migas(Studi Kasus Exxon Mobile Oil Indonesia Sebagai Lead Operator Blok Cepu). Website Center for Law Information dan Universitas Sultan Agung, Semarang, 2004,
2. Pemilihan Presiden Langsung dan Calon Independen Dalam Pemilihan Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah. Jurnal Hukum dan Pembangunan Faculty of Law University of Indonesia, No. 2 Tahun ke-35, 2005.
Pengakuan Masyarakat Hukum Adat dan Hak Asasi Manusia Dalam Lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jurnal Hukum dan Pembangunan Faculty of Law University of Indonesia, No. 4 Tahun ke-36, 2006.
3. Parate Eksekusi: Hak Kreditur, Yang Menderogasi Hukum Formil (Suatu Pemahaman Dasar dan Mendalam). Jurnal Hukum dan Pembangunan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, No. 4 Tahun ke-36, 2007.
4. Kata Menuntut atau Vorderen dalam Pasal 1156 Ayat (1) KUHPerdata Adalah Suatu Upaya Hukum Permohonan,Jurnal Hukum dan Pembangunan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, No. 4 Tahun ke-37, 2008.
5. KPPU, Kode Etik dan Media, Bisnis Indonesia, 4 September 2009.
6. Buku Hukum Perseroan Terbatas: Kewajiban Pemberitahuan Direksi, Jakarta: Ghalia, 2010.
7. Buku Monopoli Alamiah Badan Usaha Milik Negara, Bogor: Herya Media, 2016.

BAKTI KEPADA NEGARA
Selain profesinya sebagai akademisi dan profesional hukum. Dr. Teddy Anggoro, juga diamanahkan berbagai jabatan publik di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tercatat dia menjadi Komisioner termuda dalam sepanjang sejarah berdirinya Komisi Banding Merek Republik Indonesia, yaitu berusia 25 Tahun pada saat pengangkatannya.

Satu tahun setelah demisioner, Negara kembali memanggilnya untuk mengemban jabatan publik sebagai Wakil Ketua Majelis Kehormatan Notaris Pusat, yang tugas pokoknya adalah memberikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan permintaan pemeriksaan terhadap Notaris, Akta Notaris, dan Copy Akta oleh Penegak Hukum.

Selain jabatan formal, Dr. Teddy Anggoro juga beberapa kali diangkat oleh Negara sebagai anggota Tim untuk isu tertentu, seperti bidang Birokrasi, dia diangkat sebagai Anggota Tim Independen Reformasi Birokrasi yang memeriksa Tentara Negara Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia, Kementerian Hukum dan HAM RI, Kementerian Pertahanan RI, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara RI. Di bidang Bisnis, dia diangkat sebagai Sekretaris Tim Penyelesaian Perseroan Terbatas Bermasalah, dan tahun 2017 diangkat sebagai Ketua Tim Penyelesaian Permasalahan Badan Hukum di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Dr. Teddy Anggoro, merupakan ahli hukum di bidang ekonomi yang membantu penegak hukum dalam pengungkapan pelanggaran hukum dan penegakan hukum. Institusi yang memanfaatkan keilmuannya meliputi, Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Kepolisian Republik Indonesia, dan Lembaga Peradilan.