Taufik Basari, S.Hum., LL.M.

NIP:
070703025
Fakultas:
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
Organisasi:
Ilmu Filsafat
Pendidikan:
S2

Profile

Taufik Basari, S.H., S.Hum, LL.M dilahirkan di Jakarta, 17 November 1976. Mengajar di Departemen Filsafat, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI sejak tahun 2005 untuk program S-1 dan Pasca Sarjana (S-2). Beberapa mata kuliah yang diajarkan antara lain Filsafat HAM (S-1), Filsafat Hukum (S-1) dan Pemikiran Kritis dan Filsafat Ekonomi (S-2).

Taufik Basari memiliki dua gelar sarjana yakni Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (1995-2000) dan Sarjana Humaniora dari Jurusan Filsafat Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (1999-2003) serta gelar master, yakni Master Hukum HAM Internasional dari Northwestern University, School of Law, Chicago, U.S.A, yang ditempuhnya melalui beasiswa Fulbright (2004-2005).

Skripsinya di Fakultas Hukum berjudul “Tinjauan Hukum dan Filosofis Asas konsensualisme dalam Perjanjian Baku”, sementara skripsinya di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya berjudul “Hakikat Negara dan Perlindungan Prinsip-Prinsip Hak Asasi Manusia, Tinjauan Kritis Filsafat Politik John Locke”. Sedangkan thesis master-nya berjudul “Can Truth and Reconciliation Commission in Indonesia Establish the “Real Truth” for Reconciliation?”

Taufik Basari juga menempuh beberapa pendidikan informal diantaranya International Law Program di University of California Davis (UC-Davis), USA, dan di University of California Berkeley (UC Berkeley), USA, tahun 2004 lalu mengikuti Fulbright Enrichment Seminar di Arizona State University, USA.

Selain mengajar di Departemen Filsafat UI, Taufik Basari juga dikenal sebagai aktivis HAM dan anti korupsi. Sejak tahun 2000 Taufik Basari bergabung di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta – Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) hingga di tahun 2006 menjadi Direktur Bantuan Hukum YLBHI. Ketika di Amerika Serikat, pernah menjadi Consultant Program International Center for Transitional Justice (ICTJ) pada tahun 2004 di New York. Pada tahun 2005-2006 sempat menjadi menjadi fellow dan Indonesian Representative untuk Asian Human Rights Commission, Hong Kong, China. Pada akhir tahun 2007 Taufik Basari mendirikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Masyarakat yang banyak memberikan penyuluhan-penyuluhan hukum dan HAM kepada komunitas-komunitas.