Tirta Nugraha Mursitama, Ph.D

NIP:
0906050128
Fakultas:
Organisasi:
Ilmu Hubungan Internasional
Pendidikan:
S3

profile

Perkenalkan, saya Tirta Nugraha Mursitama. Biasanya dipanggil Tirta. Sehari-hari saya adalah staf pengajar Badan Hukum Milik NegaraUniversitas Indonesia (BHMN UI) pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (HI FISIP). Secara resmi bergabung dalam kapasistas staf pengajar BHMN UI pada tahun 2006 di tengah-tengah menyelesaikan studi doktoral bidang manajemen pada Graduate School of Management Gakushuin University, Tokyo, Jepang yang akhirnya berhasil saya selesaikan pada tahun 2007.

Sebelum meraih doktor di bidang manajemen pada tahun 2007, saya menyelesaikan program master bidang manajemen pada institusi yang sama pada tahun 2004 hingga 2006. Sebelum berangkat ke Jepang atas beasiswa Japan International Cooperation Agency (JCA) pada tahun 2001, saya terlebih dahulu menyelesaikan sarjana hubungan internasional pada Departemen Hubungan Internasional FISIP UI tahun 1999.

Saya sempat mengeyam sebagai research student pada Faculty of Comparative Culture, Sophia University, Tokyo, Jepang pada tahun 2001 - 2002. Selain mendalami Bahasa Jepang, pada waktu itu saya menjadi mahasiswa pendengar (sitting student) di beberapa kelas post graduate.

Di departemen HI saya tergabung dalam kluster Ekonomi Politik Internasional (Ekopolin) bersama senior-senior saya seperti Mas Syamsul Hadi, Pak Makmur Keliat, Mas Hariyadi Wirawan beserta rekan lain seperti Christian Harijanto. Pada program sarjana (S-1), saat ini saya dipercaya mengampu mata kuliah Rezim Perdagangan Internasional dan Rezim Keuangan Internasional. Saya juga pernah mengampu mata kuliah Metode Penelitian Hubungan Internasional, Seminar Pilihan Masalah dan Statistik Sosial. Sedangkan pada program paskasarjana HI, saya saat ini mengampu mata kuliah Diplomasi Ekonomi setelah sebelumnya dipercaya mengajar Kerjasama Ekonomi Asia Tenggara, Teori Ekonomi Politik Internasional dan Seminar Rancangan Penelitian.

Minat penelitian saya antara lain adalah keberadaan perusahaan multinasional dalam studi HI, kelompok bisnis, arsitektur baru dunia dalam perdagangan dan keuangan, serta kapasitas absorpsi perusahaan dikaitkan dengan inovasi dan proses pembelajaran. Dalam bidang manajemen, saya menekuni manajemen stratejik khususnya pada sektor publik yang strategis. Sedangkan fokus kajian wilayah yang ditekuni saat ini adalah Asia, khususnya Asia Timur dan Asia Tenggara.

Sebagai Direktur Eksekutif Center for East Asian Cooperation Studies (CEACoS) Universitas Indonesia, saya sekaligus diberikan amanat menjadi Country Coordinator Network of East Asian Think-Tanks (NEAT) untuk Indonesia sejak 2007 - 2010. Pada bulan Agustus 2008 - Agustus 2009, menjabat sebagai Chairman NEAT dan memimpin jejaring NEAT menggulirkan institusionalisasi jejaring think-tanks ini sebagai bentuk second track diplomacy dalam rangka meningkatkan berbagai kerjasama di Asia Timur.

Setelah menyelesaikan tugas sebagai kasubdit Riset dan Inkubator Industri pada Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Universitas Indonesia pada bulan Juni 2008 - Oktober 2009, saya dipercaya memimpin Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), sebuah lembaga swadaya masyarakat nasional yang memperjuangkan good governance, transparency dan anti corruption. Tugas ini sebagai upaya mewujudkan kerjasama lebih erat antara negara, akademisi, kalangan bisnis dan masyarakat sipil demi kemajuan bangsa.

Saya telah menikah dikaruniai satu puteri dan satu putera. Saat ini bersama keluarga tinggal di Rengas, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.