Prof. Dr. Ir. Tresna Priyana Soemardi,, M.Si., S.E.

NIP:
195509011985031003
Fakultas:
Fakultas Teknik
Organisasi:
Teknik Mesin
Pendidikan:
S3

profile





Prof. Dr. Ir. Tresna Priyana Soemardi M.Sc. adalah Guru Besar di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Tresna, begitu ia dipanggil sehari-hari, lahir di Palembang, 1 September 1955. Gelar Insinyur diperoleh dari Teknik Mesin ITB-Bandung tahun 1980. Ia juga mengembangkan wawasan dirinya dengan memperoleh Gelar Magister Ilmu Lingkungan (1985) dan Sarjana Ekonomi (1988) dari Universitas Indonesia. Pada tahun 1990 ia lulus lulus sebagai Doktor dalam bidang Applied Mechanics & Advanced Composites Materials dari Ecole Centrale de Paris-France.

Beliau telah menjalankan tugasnya sebagai Dosen, Peneliti dan Konsultan lebih dari 25 tahun. Mata kuliah beliau ajarkan antara lain Biomekanik dan Peralatan Medik. Lebih dari 100 karya ilmiah dalam jurnal, seminar, konferensi dan lokakarya nasional maupun internasional telah dihasilkan sampai saat ini diantaranya Design and analysis of naca 66 based solar racing car body geometry using cad and CFD techniques, Perancangan dan pengembangan sistem penggerak kendaraan surya, Perancangan dan pengembangan produk alat puntir benang sutera, Perancangan dan pengembangan sistem link rotary log grapple (RLG) 1.8 M2 pada hydraulic excavator komatsu PC300LC-7, Studi pemilihan sistem visualisasi aliran untuk model nosel, State of the art biomedical engineering dalam perancangan prosthese hip dan lain-lain. Puluhan prototipe pengembangan produk yang siap untuk dipatenkan.

Selain sebagai Guru Besar Perancangan Mekanikal dan Pengembangan Produk, beliau juga menjadi Komisioner di Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia (KPPU-RI), Komisaris dan Pakar di Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO). Tercatat sebagai Insinyur Profesional di Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Selama lebih dari 25 tahun melakukan kegiatan mengajar, konsultansi dan riset dibidang mekanika terapan dan material komposit, perancangan dan pengembangan produk, inovasi produk, manajemen stratejik inovasi, EPC & Project Management, Project Risk Management, Kelayakkan Angkutan Udara, Transportasi Udara dan Engineering Management. Beliau juga pernah bekerja sebagai Researcher di Industri Pesawat Terbang Aerospatiale dan Industri Otomotif Renault di Perancis. Beliau juga memperjuangkan terwujudnya Program Multidisiplin keunggulan UI yaitu Pascasarjana Biomedical Engineering. Dalam transformasi UI menjadi BHMN, beliau pernah duduk sebagai Anggota Majelis Wali Amanat, Senat Akademik Universitas, Deputi Kelembagaan Universitas Indonesia, Ketua Badan Kemitraan Ventura UI, Deputi Direksi bidang Inovasi & Pengembangan Usaha PT.Daya Makara UI.

Berbagai pendanaan riset nasional maupun internasional berhasil ia menangkan antara lain: Hibah Bersaing, RUT, RUTI, Toray Science Foundation dan EU-Asialink Biomedical Engineering. Beliau pernah meraih penghargaan Ind. Toray Science Foundation Award sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 1995 dan 1996. Beberapa penghargaan yang pernah beliau raih antara lain Penelitian Terbaik UI Bidang Teknologi tahun 1993, Peneliti UI Berprestasi tahun 1999, Peneltian Terbaik UI Bid. Teknologi tahun 1999 dan Satyalancana. Beliau menikah dengan Diah Hariyani dan memiliki dua orang anak, yaitu Una Amanda Priharani dan Ezra Ganesha Prihardanu.