Ir. Trini Sudiarti, M.Si

NIP:
195407201984032001
Fakultas:
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Organisasi:
Gizi Kesehatan Masyarakat
Pendidikan:
S2

profile




Trini Sudiarti dilahirkan di Boyolali Jawa Tengah 20 Juli 1954.  Staf pengajar jabatan Lektor Kepala di Departemen Gizi FKM UI sejak 1998. Sebelumnya pernah menjadi staf pengajar Luar Biasa di Fakultas Pertanian Universitas Sam - Ratulangi Manado selama 2 tahun  1982-1984. Pertama kali diangkat sebagai PNS di Fakultas Teknik dan Kejuruan IKIP Negeri Manado sejak Tahun 1984 s/d 1998. Selanjutnya pindah ke FKM UI dari 1998 sampai sekarang.  Saat ini Ibu Trini menjabat sebagai Sekretaris Departemen Gizi FKM UI. Gelar Sarjana diperoleh dari Fakultas Teknologi Pertanian UGM di Yogyakarta tahun 1979 Bagian Pengolahan Hasil Pertanian. Sementara Gelar Magister diperoleh di IPB Bogor pada Program Pascasarjana Program Studi Ilmu Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga.

 

Saat ini Ibu Trini aktif mengajar di Departemen Gizi FKM UI dan sebagai tutor pada KBK Prodi S1 -4 Gizi di FKM UI. Berbagai karya ilmiah telah dihasilkan dalam jurnal, buku maupun makalah yang dipresentasikan pada berbagai kesempatan. Beliau aktif juga dalam pengabdian masyarakat sebagai pelatih di institusi dan masyarakat  maupun sebagai nara sumber berbagai koran, tabloid maupun majalah ilmiah populer. Ibu Trini telah lulus Sertifikasi Dosen tahun 2009. Bersama dengan mahasiswa membuat berbagai media penyuluhan untuk kader, ibu balita, ibu hamil, guru SD maupun murid SD dalam bentuk buku saku, modul, baliho maupun poster.

 

Pernah mengikuti studi banding ke     Universitas Kebangsaan Malaysia  tahun 2006 dan Kagawa Nutrition University tahun 2008 di Jepang.  Menjadi anggota peneliti PDRC (Pusat Kajian Positive Deviance) FKM UI  dalam Asesmen Pelaksanaan Pos Gizi tahun 2008 (Rekomendasi untuk Memperluas Pendekatan Pos Gizi di Indonesia)  bekerjasama dengan berbagai  Institusi seperti Departemen Kesehatan, Dinas Kesehatan dan NGO   CARE , Catholic Relief Services, Mercy Corps, Save The Children, Care International maupun World Vision International.

 

Ibu Trini menikah dengan Ir. Suharto Sarwan, M.Si dikaruniai 3 orang anak Dyah Saraswati sudah menikah, Aryo Wicaksono dan bungsu Ratna Hapsari masih kuliah di UGM. Hobi beliau memasak ,berkebun  dan membaca buku .