Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc.

Website Staff UI
No Description Bulan Tahun
1

Boleh dianggap sebagai lanjutan dalam membantu Gerakan Nasional: “Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI)” yang telah dikumandangkan dua puluh tahun yang lalu melalui Widyakarya Nasional Khasiat Makanan Tradisional, maka kini timbul hasrat untuk antara lain membahas aspek budaya, nutrisi dan kesehatan Makanan Manado. Hasrat ini direncanakan untuk direalisasikan dengan menganalisis komposisi dan ni- lai gizi beberapa bahan makanan dan hidangan tradisional Manado, khususnya be- berapa makanan Manado yang merupakan makanan favorit atau yang paling sering dikonsumsi masyarakat umum yang tidak saja dapat diperoleh di tempat asalnya, te- tapi juga dapat dinikmati antara lain di Jakarta, di restoran-restoran Minahasa. Ter- nyata hidangan Manado juga digemari oleh lidah non-Manado.
Secara umum dapat dikatakan bahwa makanan Manado banyak menggunakan bum- bu dan rempah, dan mengandung lebih banyak sumber protein hewani daripada nabati, sesuai dengan pola kebiasaan makan orang Manado yang lebih mengutama- kan bahan makanan hewani sehingga sayuran yang biasa dikonsumsi sehari-hari tidak banyak jenisnya. Bagi mereka yang sudah lebih lama keluar dari Minahasa, bia- sanya pola kebiasaan makannyapun sedikit banyak sudah berubah. Selain itu juga agama atau kepercayaan memengaruhi pola makan terutama tentang bahan maka- nan hewani.
Dengan makin banyaknya penggemar makanan Manado, maka selain cita rasa, sudah seyogyanya diperhatikan pola segi sosial budaya, nilai nutrisi dan aspek kesehatan bagi konsumen, misalnya ada hidangan tertentu yang umumnya selalu dijumpai pada hajatan atau pesta (ulang tahun, perkawinan, tahun baru, dan sebagainya).
xii
Aspek nutrisi dan kesehatan perlu diperhatikan dengan adanya hasil beberapa survei yang menunjukkan adanya peningkatan tajam penyakit tidak menular atau non- communicable disease (diabetes mellitus, penyakit jantung dan pembuluh darah, obesitas) di Minahasa yang antara lain berhubungan dengan pola asupan nutrisi.
Sehubungan dengan itu, maka diterbitkanlah buku berjudul: “Aspek Budaya, Nutrisi dan Kesehatan Makanan Manado”. Semoga buku ini dapat menjawab sebagian ke- ingintahuan pembaca tentang berbagai aspek makanan Manado termasuk komposi- si gizi hidangan-hidangan Manado, khususnya hidangan-hidangan favoritnya sehingga dengan demikian buku ini dapat bermanfaat sebagai rujukan atau rekomendasi kom- posisi dan petunjuk nilai gizi makanan favorit tradisional Manado.
Akhir kata, untuk perbaikan buku ini sangat diharapkan saran dan kritik konstruktif dari para pembaca.


Image icon screen_shot_2019-03-21_at_13.19.11.png
Juli 2018
2

Pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan saluran
pencernaan bagi tumbuh kembang anak yang optimal semakin meningkat. Hal ini
sejalan dengan visi kami yaitu
Science for better nutrition
yang menggambarkan
komitmen
Nestlé Nutrition Institute
(NNI) untuk turut meningkatkan kompetensi
tenaga kesehatan di bidang nutrisi dan kesehatan anak. Dalam mencapai hal ini,
NNI terus berusaha sebagai yang terdepan dalam hal riset dan pengembangan ilmu
pengetahuan. Buku ini diperuntukkan bagi para tenaga kesehatan untuk memfasilitasi
program pendidikan terkait kesehatan saluran cerna sebagai fondasi penting dalam
tumbuh kembang anak yang optimal. Ilmu yang didapat dalam buku ini diharapkan
dapat diterima dengan baik dan disampaikan kepada masyarakat agar kepedulian
mengenai pentingnya kesehatan saluran cerna semakin meningkat. Untuk itu, kami
ucapkan terima kasih kepada Prof. dr. Mohammad Juffrie, Sp.A(K), PhD., Prof. Dr. dr.
Subijanto Marto Sudarmo, Sp.A(K), Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc., Dr. dr. Ahmad
Suryawan, Sp.A(K), Rini Hildayani M.Si, Psikolog, dan Dr. dr. Ali Sungkar Sp.OG(K).
Enam pakar dari berbagai bidang kesehatan, nutrisi dan psikologi anak terkemuka
di Indonesia yang telah menyusun buku
in

(PDF) Kesehatan Pencernaan Awal Tumbuh Kembang yang Sehat. Available from: https://www.researchgate.net/publication/325594560_Kesehatan_Pencernaan_... [accessed Mar 21 2019].


Image icon screen_shot_2019-03-21_at_13.28.33.png
Januari 2018
3

Menjawab pertanyaan seputar faktas dan mitos dalam proses kehamilan dan memberikan edukasi dan pengetahuan seputar kehamilan yang sering menjadi pertanyaan.


Image icon screen_shot_2019-03-21_at_13.35.21.png
Januari 2010
4

Buku Keamanan Bahan Tambahan Pangan, Perspektif Industri Makanan dan Minuman ini disusun berdasarkan telaah literatur terbaru. Data-data mulai dikumpulkan sejak bulan Februari tahun 2015. Setelah data disusun menjadi naskah awal oleh para pakar sesuai dengan bidang keahliannya, pertemuanpun telah dilakukan untuk memaparkan hasil penyusunan naskah awal dan menampung masukan dari berbagai pihak. Pertemuan tersebut adalah:
Pertemuan Tim Penyusun, Editor dan Pakar pada tanggal 26 Februari 2016
Hasil akhir dari pertemuan tersebut menghasilkan naskah final dari Buku Keamanan Tambahan Pangan, Perspektif Industri Makanan dan Minuman


Image icon screen_shot_2019-03-18_at_15.03.28.png
Maret 2016