dr. Ardi Findyartini, PhD

No Title Description
1 Pengkajian Nyeri Kronik: Modul Pelatihan Keterampilan Dasar untuk Mahasiswa dan Profesional Kesehatan Pengkajian Nyeri Kronik: Modul Pelatihan Keterampilan Dasar untuk Mahasiswa dan Profesional Kesehatan

Pengkajian nyeri adalah suatu proses “dialog” antara pasien dan tenaga kesehatan tentang deskripsi nyeri dan intensitasnya, respons pasien terhadap nyeri, serta dampak nyeri terhadap kehidupan pasien. Penekanan dan pengulangan prinsip pengkajian nyeri ini melalui berbagai metode pembelajaran berguna untuk membantu pembelajar mengaplikasikan pengkajian nyeri yang komprehensif. Penggunaan simulasi sebagai metode pembelajaran utama dan penerapan pelatihan secara longitudinal dalam kurikulum merupakan faktor yang mendukung keberhasilan penerapan modul ini. Mnemonic PQRST dan ACT-UP, yang akan diperkenalkan dalam modul ini, juga akan membantu pembelajar untuk melakukan pengkajian nyeri dengan lebih terstruktur.
Substansi modul ini bersifat generik. Dengan menyesuaikan kompleksitas kasus, modul ini dapat diaplikasikan dalam berbagai tahapan pembelajaran, baik pra-klinis maupun rotasi klinis. Walaupun diujicobakan pada mahasiswa kedokteran, modul ini dapat dimodifikasi untuk profesi kesehatan lain seperti farmasi dan keperawatan, baik sebagai bagian dari pembelajaran formal maupun dalam pembelajaran profesional berkelanjutan. Skenario, video kuliah dan simulasi, struktur pelatihan, dan instrumen evaluasi kami sediakan sebagai contoh untuk diadopsi dalam berbagai pelatihan.
Modul ini didasarkan pada tesis berjudul Pelatihan Pengkajian Nyeri Kronik untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa Fakultas Kedokteran: Uji Acak Tersamar Ganda untuk Membandingkan Mnemonic PQRST dan ACT-UP dan Mnemonic PQRST saja yang disusun oleh Astrid Pratidina Susilo sebagai prasyarat Program Pendidikan Dokter Spesialis I Anestesiologi dan Terapi Intensif di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun 2018.


PDF icon modul_pengkajian_nyeri_kronik_copy_right.pdf