Iqrak Sulhin, S.Sos., M.Si.

No Title Description
1 material material

Bahan Kuliah: Genealogi Kebijakan Publik dan Kebijakan Kriminal


kebijakankriminalsap2.ppt
2 material material

Bahan Kuliah: Proses Kebijakan dan Sistem Politik


kebijakankriminalsap34.ppt
3 material material

Tujuan Perkuliahan
1. Umum
Memahami hubungan antara kriminalitas dan dinamika pembangunan, negara dan birokrasi, serta hubungan antar keduanya yang saling bergantung dan saling mempengaruhi. Upaya mendekati variabel-variabel yang sebenarnya non-kriminologis itu dilakukan dengan memberi penekanan pada kebijakan kriminal (criminal policy) terkait dengan latar belakang, perubahan perkembangan, penyusunan/formulasi dan sebagainya dari kebijakan kriminal tersebut, sebagai salahsatu instrumen pembangunan
2. Khusus
Mengkaji beberapa pengertian, ruang lingkup kajian, pendekatan, teori dan model dalam studi kebijakan pada umumnya, yang meliputi kegiatan formulasi, implementasi dan evaluasi. Diharapkan, peserta mampu menguasai pengetahuan dan kemampuan terapan seperti membuat analisa empiris atas kasus-kasus kebijakan kriminal dengan menggunakan/mengembangkan teori kebijakan kriminal, menyusun alternatif tindakan atau saran-saran kebijakan serta prediksi yang komprehensif mengenai kebijakan apa yang dibutuhkan kelak.


sapkebijakankriminal.rtf
4 material material

Pembahasan mengenai hubungan media massa dengan kejahatan (termasuk pelaku, korban dan reaksi sosialnya), pada dasarnya membahas cultural space media dan kejahatan dalam dunia sosial. Kuliah ini secara umum akan membahas dan menjelaskan hubungan antara peran dan produksi tayangan kejahatan dalam media, kepemilikan media massa dan dampaknya terhadap masyarakat. Aspek-aspek penting yang menjadi penekanan antara lain adalah efek media massa dalam menciptakan kejahatan, media massa sebagai pelaku kejahatan, serta kebijakan kriminal dalam konteks media massa.

Tujuan Perkuliahan

Setelah mengikuti keseluruhan rangkaian perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan menganalisa hubungan media massa dengan kejahatan, mengacu pada teori-teori yang umum digunakan dalam media studies dan cultural studies.


sapmediamassakejahatan.doc
5 material material

Mata kuliah ini adalah mata kuliah gabungan yang diperuntukkan bagi mahasiswa S-1, S-2 dan S-3. Pada awalnya, isi mata kuliah ini merupakan modifikasi dari mata kuliah Sistem Pemasyarakatan di Indonesia yang diselenggarakan di Program S-1 Reguler Departemen Kriminologi dan kemudian mengalami berbagai perkembangan Sebagai mata kuliah gabungan, maka tekanannya adalah pada kelengkapan dan sekaligus kemutakhiran isyu, kompleksitas variabel-variabel yang dipertimbangkan serta analisis kriminologis dengan mempergunakan berbagai perspektif kriminologis.
Dalama kurikulum baru Dep. Kriminologi 2009-2011 yang akan datang, beberapa sesi perkuliahan yang membahas mengenai kehidupan penjara/LP sebagai sistem sosial akan dikeluarkan dan dibahas di mata kuliah Sosiologi Kepenjaraan Indonesia.

Tujuan
- Umum :Mengetahui berbagai teori, perspektif, isyu dan permasalahan terkait penologi pada umumnya
- Khusus : Aplikasi dan permasalahannya di Indonesia maupun di berbagai tempat


sappenologi.rtf
6 material material

Mata kuliah ini berfungsi sebagai pelengkap mata kuliah Metode Penelitian Sosial, dimana dalam mata kuliah ini dibahas dasar-dasar statistik sosial disertai contoh dan kasus yang relevan dengan masalah sosial khususnya masalah kriminologi. Setelah mengikuti mata kuliah Statistik Sosial I ini para peserta diharapkan :
1. Mengetahui apakah statistik diperlukan dalam suatu kasus atau proyek.
2. Mampu memilih pendekatan dan rumus yang tepat.
3. Mampu menghitung dan menggunakan rumus yang efektif dan efisien.
4. Mampu memahami dan menafsirkan data yang disajikan dalam artikel ilmiah.


sapstatistiksosial.doc
7 material material

-


newsmakingcriminology.ppt