Andi Supandi Suaid Koentary, S.Psi., M.Si

NIP:
080603005
Fakultas:
Fakultas Psikologi
Organisasi:
Program Studi Sarjana Psikologi
Pendidikan:
S2

profile

Andi Supandi Suaid Koentary, S.Psi., M.Si., lahir di Jakarta tanggal 11 Juni 1979, adalah dosen di Fakultas Psikogi Universitas Indonesia. Masa kecilnya banyak dilalui di Bogor dimana Andi menyelesaikan pendidikan menengahnya di SMP Negeri 1 Bogor dan SMA Negeri 1 Bogor. Gelar sarjananya diperoleh dari Fakultas Psikologi UI dan gelar Magister diperoleh dari Program Magister Psikologi Terapan dengan Kekhususan Psikometri.

Saat ini Andi terlibat sebagai Tim Pengajar dalam Mata Ajar Metodologi Penelitian dan Statistika (1, 2, dan 3), Psikometri, dan Konstruksi Alat Ukur Psikologi (untuk Program S1 Fakultas Psikologi UI) serta dalam Mata Ajar Teori Tes 1, Teknik Survei Sampling, dan Konstruksi Alat Ukur Psikologi (untuk Program Magister Terapan Fakultas Psikologi UI).

Sejak Januari 2008 hingga Oktober 2009, Andi menjadi Staf Ahli Evaluasi Program Pendidikan di Direktorat Pendidikan UI yang kegiatan utamanya adalah mengolah data Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri. Beberapa alat ukur yang pernah dikembangkan Andi adalah Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM), Evaluasi Fasilitator Oleh Mahasiswa (EFOM), Evaluasi Kepuasan Pengguna Perpustakaan, Evaluasi Program Studi, Evaluasi Perpanjangan Izin Program Studi, Evaluasi Kepuasan Mahasiswa dalam Layanan Akademik, Evaluasi Kepuasan Dosen dalam Layanan Akademik.

Selain mengajar, Andi masih aktif membantu penelitian yang dilakukan oleh Badan Penjaminan Mutu Akademik UI (BPMA-UI) dan menjadi Tim Inti Penyusun Buku Kurikulum Berbasis Kompetensi yang dikelola oleh Direktorat Pengembangan Akademik UI. Di luar UI, Andi menjadi konsultan dalam penyusunan alat ukur Work-Life Balance di Bank Indonesia (2011), konsultan dan narasumber dalam penyusunan alat ukur Komitmen Organisasi di Badan Kepegawaian Negara (2011), serta analisis data perkembangan anak balita di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2012).

Sejak menjadi mahasiswa hingga sekarang, Andi aktif terlibat dalam berbagai kegiatan olahraga di UI. Pada tahun 2002, Andi bersama Tim UI berhasil menjadi Juara 1 dalam Invitasi Bola Voli Mahasiswa tingkat Nasional.