profile

Bagus Takwin, yang terkenal dengan panggilan Aten, adalah seorang dosen, peneliti dan penulis Fakultas Psikologi UI kelahiran Bandung, 31 Agustus 1970.

Bagus Takwin mengajar mata kuliah Psikologi Kepribadian, Psikologi Pendidikan Lanjutan, Konstruksi Alat Ukur Psikologi, Logika dan Penulisan Ilmiah, Psikologi Umum, dan Filsafat Manusia.

Buku yang diterbitkan Bagus Takwin sudah berjumlah 13 buku, 10 buku ditulisnya sendiri dan 3 buku ditulis bersama koleganya.

Selain menulis buku ilmiah, Bagus Takwin juga menulis novel dan cerpen. Buku Akademos dan Ruwita adalah novel yang sudah diterbitkannya. Sedang kumpulan cerita pendeknya adalah Bermain-main dengan cinta dan Rhapsody Ingatan. Ia juga menulis buku esei berjudul Patogonos. Dosen Fakultas Psikologi UI yang sekarang menjabat sebagai manajer riset dan pengabdian masyarakat ini juga menulis buku filsafat, di antaranya Filsafat Timur, Akar-akar Ideologi, Kesadaran Plural. Ia juga menerbitkan sebuah buku panduan psikologi bagi khalayak umum berjudul Bagaimana Mengisi Hidup. Tulisan-tulisannya di media massa berkisar pada topik-topik psikologi, filsafat, seni dan kebudayaan.

Bersama Niniek L. Karim, Bagus Takwin meneliti kepribadian calon presiden dan calon wakil presiden di Pemilu RI tahun 2004 yang hasilnya berupa 16 tulisan dipublikasi di harian Kompas selama 5 hari berturut-turut. Bersama Niniek L. Karim pula, ditambah Hamdi Muluk, Bagus Takwin menerbitkan buku hasil analisis kepribadian mantan presiden Soeharto berjudil Soeharto: Perpaduan Kecerdasan dan Masa Lalu yang Liat. Buku tentang Soeharto itu ditulis berdasarkan hasil penelitian psikologi yang mendapatkan pernghargaan sebagai penelitian sosial terbaik di UI pada tahun 2001.

Bagis Takwin juga menyunting kumpulan tulisan tentang Fuad Hassan berjudul Fuad Hassan di antara Hitam Putih. Tulisan-tulisan Bagus Takwin pernah dimuat di beberapa media massa cetak seperti Kompas, Media Indonesia, Suara Pembaruan dan Koran Tempo.

Tulisan Bagus Takwin telah dipublikasikan dalam 15 buku baik yang ditulisnya sendiri maupun bersama tim. Berikut ini sebagian dari publikasi dari tulisannya dalam Bentuk Buku:

(1) Akar-akar Ideologi, 2003,  Penerbit Jalasutra, Yogyakarta

(2) Akademos, 2003, Penerbit Jalasutra, Yogyakarta.

(3) Bermain-main dengan Cinta, 2001 dan 2003, Penerbit Jalasutra, Yogyakarta.

(4) Soeharto: Ramuan Kecerdasan dan Masa Kecil yang Liat, 2001, Penerbit Komunitas Bambu, Jakarta; ditulis bersama Niniek L. Karim dan Hamdi Muluk.

(5) Pecahan Jakarta, 1999, Penerbit Konsepsi, Depok; bersama Kristi Purwandari

(6) Fuad Hassan di antara Hitam dan Putih, 1999, Penerbit Konsepsi, Depok; sebagai penyunting.

(7) Filsafat Timur; Pengantar Ke Pemikiran-pemikiran Timur. 2003, 2005. Penerbit Jalasutra, Yogyakarta.

(8) Patogonos; Esai Yang Mengisahkan Hidup Sepasang Manusia. 2005. Penerbit Kutu Buku, Depok.

(9) Kesadaran Plural. 2005. Penerbit Jalasutra, Yogyakarta.

(10) Bagaimana Mengisi Hidup. 2006. Penerbit Jalasutra, Yogyakarta.

(11) Rhapsodi Ingatan. 2005. Penerbit Kholibri, Jakarta

(12) Ruwita. 2005. Penerbit Kholibri, Jakarta

(13) Psikologi Naratif; Membaca Manusia sebagai Kisah. 2007. Penerbit Jalasutra, Yogyakarta.