profile

Herminie Soemitro lahir di Indramayu pada tanggal 03 September 1956, dari pasangan pendidik Gatut Soemitro dan Sirtufilaeli. Ketika baru lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMAN XI - Bulungan, Jakarta Selatan) pada tahun 1975, untuk sementara ia harus melupakan cita - citanya berprofesi sebagai seorang pendidik ataupun mengikuti jejak kedua orangtuanya karena bidang pertanian sempat merebut fokus perhatiannya. Pada waktu itu bidang pertanian yang bersangkutan dengan kecukupan, keamanan dan ketahanan pangan dianggap wigati "urgent", sehingga ia menempuh pendidikan teknologi pertanian di Universitas Gadjah Mada. Pada tahun 1980, ia memperoleh gelar Bachelor of Science dengan judul skripsi Pengolahan Tebu di Pabrik Gula Pagottan.

Sementara itu kesempatan emas datang dengan terbukanya peluang untuk menjadi Asperti (asisten dosen/perguruan tinggi) di Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor dan ia terdaftar sebagai PNS pada bulan Maret 1981. Kombinasi bidang pendidikan dan bidang pertanian merupakan impian untuk memberikan dharma-baktinya pada masyarakat. Oleh skala prioritas melengkapi dimensi manusiawinya membina keluarga baru hingga terlahir berturut-turut dua putri dan seorang putra; tahun 1983, 1987 dan 1990, maka panggilan tugas belajar ke Universitas Pilipina Los Banos di bidang pengolahan kakao pada jenjang master of science terpaksa diabaikannya. Sebagai konsekuensinya ia pindah ke Universitas Indonesia dan atas rekomendasi Prof Toeti Heraty, ia menekuni bidang filsafat khususnya filsafat ilmu pengetahuan (philosophy of science).

Kelanjutan study filsafat ditempuh pada jenjang master of arts di Monash University Australia antara tahun 1994 - 1997, dengan judul thesis Reason and Emotion in Feminist Epistemology.