profile

Lahir di Indramayu kota kabupaten di utara Jawa Barat pada tanggal 13 Juli 1959

Sekolah Dasar, SMP Negeri I , dan SMA Negeri di Indramayu, lulus SMA tahun 1978, melanjutkan ke Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945, Jakarta; namun hanya kuliah 1 tahun saja, dalam tahun 1979 mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Indonesia (FSUI). Setelah kuliah 1 tahun di Jurusan Sejarah FSUI, lalu pindah jurusan Arkeologi hingga lulus tahun 1984, menjadi Sarjana Sastra Universitas Indonesia bidang Arkeologi Indonesia. Judul Skripsi "Beberapa Data Historis dari Prasasti Mula-Malurung", prasasti itu berasal dari zaman Kerajaan Singhasari (abad ke-13 M), dalam masa pemerintahan raja Krtanagara.

Tahun 1990 lulus pendidikan S2 pada Program Studi Arkeologi, Fakultas Pascasarjana Universitas dengan judul Tesis "Aktivitas Keagamaan di Gunung Penanggungan: Gunung Suci di Jawa Timur dalam Abad ke-14--15 M)" 

Tahun 1999 lulus pendidikan S3 pada program Studi Arkeologi, Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia dengan judicium cum claude. Disertasi yang disusun berjudul "Pelebahan: Upaya Pemberian Makna pada Puri-puri Balai Abad ke-14--19 M".