PEMASARAN HALAL: Konsep, Implikasi dan Temuan di Lapangan

Abstracts
This article explores the concept and definition of Halal Marketing as well as recent finding on the
application of Halal Marketing in Indonesia. Halal Marketing is defined as the application of Islamic
Syari’at (laws) as guidance to the whole marketing process. Islam regulates the way of life of its
believers, including what and how they consume goods and services. Even though compliance to the
syari’at varies between individuals, Muslims in general would have positive views on goods and services
that comply with the syari’at while providing equal values as conventional products. Muslim consumers
are potential markets with annual consumption of more than USD 2.7 Trillion in goods and services.
Thus, understanding the unique needs and behaviors of Muslim consumers is imperative to any
marketers, especially the ones operating in countries with Muslim majorities.
Keywords: Halal Marketing, Consumer Behavior, Muslim Consumer

==========================================================
Abstraksi
Artikel ini membahas konsep dan definisi Pemasaran Halal serta mengulas hasil temuan terkini dalam
aplikasi Pemasaran Halal di Indonesia. Pemasaran Halal dapat didefinisikan sebagai aplikasi Syariat
Islam sebagai panduan dalam proses pemasaran secara keseluruhan. Islam mengatur cara hidup
pemeluknya, termasuk “apa” dan “bagaimana” mereka boleh mengkonsumsi barang dan jasa.
Walaupun kepatuhan terhadap syariat berbeda-beda antar individu, secara umum setiap muslim akan
memiliki pandangan positif terhadap barang dan jasa yang dapat mematuhi syariat Islam sambil
memberikan nilai yang sama dengan produk konvensional. Dengan nilai konsumsi barang dan jasa
melebihi 2.7 Trilyun USD per tahun, konsumen muslim merupakan pasar yang potensial bagi setiap
pemasar. Oleh karena itu, pemahaman atas kebutuhan dan perilaku unik konsumen muslim menjadi
penting bagi setiap pemasar, khususnya yang beroperasi di negara dengan penduduk mayoritas muslim.
Kata Kunci: Pemasaran Halal, Perilaku Konsumen, Konsumen Muslim

Upload File: 
Tahun: 
2012