Drs. Dadang Sudiadi, M.Si.

No Title Description
1 material material

Kuliah ini akan berbicara sebanyak mungkin tentang berbagai hal di luar masalah kejahatan (khususnya yang terkait dengan kebijakan publik), namun secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi kejahatan. Dalam rangka perkuliahan di level S-2, maka tekanan diberikan pada teori dan analisis kebijakan sebagai instrumen intervensi terhadap masalah kriminalitas pada umumnya.
Ketika menjadi mata kuliah gabungan, maka komponen teoritik juga akan diberikan, khususnya untuk peserta di level S-2 dan di level S-3.


File sapkebijakankriminal.rtf
2 material material

Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Seminar Kriminologi ini merupakan panduan rancangan pengajaran yang menyeluruh. SAP ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan bagi tim pengajar, sehingga dapat memudahkan koordinasi dalam kegiatan belajar mengajar. SAP ini diharapkan dapat semakin disempurnakan sesuai dengan perkembangan kurikulum dan materi pemelajaran.
Sosiologi Hukum dalam kurikulum Program Studi Kriminologi merupakan mata kuliah wajib. Setelah mengikuti mata ajar ini mahasiswa diharapkan mampu untuk :

1. Memahami dan mampu membuat judul karya ilmiah dengan baik ;
2. Memahami dan mampu membuat latar belakang permasalahan ;
3. Memahami dan mampu menyusun permasalahan dan pertanyaan penelitian ;
4. Memahami dan mampu membuat Kerangka Pemikiran/Kerangka teori ;
5. Memahami dan mampu membuat Metode Penelitian.
6. Memahami dan mampu menyusun Sistimatika Penyajian Skripsi.
Semoga SAP Rancangan ini dapat bermanfaat untuk pemelajaran Seminar Kriminologi. Kami terbuka adanya kritisi dan pemutakhiran agar SAP ini dapat lebih baik di kemudian hari.

Jakarta, Agustus 2009


Microsoft Office document icon sapseminarkriminologi.doc
3 material material

Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk mengerti dan memahami pengertian kriminologi secara umum maupun secara khusus sebagai bagian dari ilmu sosial; mengetahui ruang lingkup penelitian kriminologi yang meliputi kejahatan, pelaku kejahatan, kenakalan, korban kejahatan, dan reaksi sosial terhadap kejahatan dan korban kejahatan; mengenal teori-teori kriminologi; dan mengenal bentuk-bentuk kejahatan.


File sappengantarkriminologi.rtf
4 material material

Bertujuan memberikan gambaran tentang kajian sosiologi mengenai perilaku menyimpang. Pokok-pokok yang dibahas adalah konsep perilaku menyimpang dalam masyarakat, teori-teori sosiologi yang menjelaskan perilaku menyimpang seperti perjudian, pelacuran, alkoholisme, bunuh diri, dan sebagainya.


File sapsosiologiprilakumenyimpang.rtf
5 material material

Mata Kuliah ini membahas metode dan strategi pencegahan kejahatan serta mengevaluasi efektifitasnya. Pokok-pokok yang dibahas adalah bentuk-bentuk strategi formal dan informal dalam usaha-usaha pencegahan kejahatan serta menganalisis efektifitas dari masing-masing strategi tersebut.


Microsoft Office document icon sapstrategipencegahankejahatan.doc
6 material material

-