dr. Agian Jeffilano Barinda, Ph.D.

No Title Description
1 Seberapa Besar Pengaruh Pola Pikir (Mindset) dan Kecerdasan Seseorang Terhadap Kesehatan (dan Longevity)? Seberapa Besar Pengaruh Pola Pikir (Mindset) dan Kecerdasan Seseorang Terhadap Kesehatan (dan Longevity)?

Publication date
2020/11

Journal
Majalah Mata Garuda LPDP

Volume
2

Pages
8-11

Publisher
Mata Garuda LPDP

Link:
https://issuu.com/majalahmatagaruda/docs/majalah_matagaruda_lpdp__edisi_...


2 Modul Healthy Aging as a Prevention Strategy for Non-Communicable Disease in Elderly Population Modul Healthy Aging as a Prevention Strategy for Non-Communicable Disease in Elderly Population

Buku Healthy Aging Module as a Prevention Strategy for Non-Communicable Diseases in Elderly
Population ini disusun sebagai bentuk kerja sama antara Indonesian Medical Education and Research
Institute (IMERI), Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan PT. Nutricia Indonesia Sejahtera,
dalam rangka mendukung upaya peningkatan kesehatan dan kualitas hidup populasi lansia di Indonesia.

Buku ini disusun sebagai panduan pembelajaran modul yang dapat diikuti pada platform daring Massive Open Online Course (MOOC) berbasis Moodle milik IMERI. Modul ini dapat diikuti oleh para dokter umum sehingga para tenaga kesehatan tersebut dapat memiliki pengetahuan yang adekuat mengenai berbagai aspek penting baik dari segi penyakit yang terjadi akibat pertambahan usia pada populasi lansia maupun strategi intervensinya, sehingga dokter dan tenaga kesehatan mampu memberikan edukasi dan tata laksana yang sesuai di rumah sakit dan institusi pelayanan kesehatan lainnya.

Buku ini telah disusun secara komprehensif dengan melibatkan kontributor yang kredibel dari berbagai disiplin ilmu yang akan mengupas topik aging mulai dari proses penuaan, berbagai penyakit yang umum ditemui pada lansia beserta faktor risiko beserta tatalaksananya, hingga peran aktivitas fisik, nutrisi, maupun dukungan sosial bagi lansia.

Modul ini juga telah dikemas dengan media pembelajaran yang menarik dan interaktif sehingga diharapkan peserta sekalian akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman belajar yang berkesan. Modul ini terdiri atas delapan topik penting dan terkini mengenai permasalahan kesehatan yang dihadapi pada populasi lansia dan juga strategi intervensi dalam menanggulangi permasalahan tersebut, meliputi:

1. Peran healthy aging dan faktor risiko non communicable disease (NCD)
2. Lansia dan permasalahannya
3. Aspek metabolik dan hormonal pada penuaan
4. Penyakit kardiovaskular pada lansia
5. Peran neurogeneratif pada lansia
6. Peran aktivitas fisik sebagai pencegahan NCD
7. Peran nutrisi sebagai pencegahan NCD
8. Peran dukungan sosial dan pembiayaan medis dalam mengatasi penyakit pada lansia

Modul ini disusun agar dapat diakses secara self-paced, dengan mengikuti waktu dan ritme pembelajaran yang nyaman bagi peserta. Di dalam modul ini juga tersedia evaluasi berupa soal pre dan post test pada setiap topiknya. Setelah mengikuti seluruh rangkaian modul, peserta akan diminta untuk merefleksikan pengalamannya dalam melakukan tatalaksana pada pasien lansia dan kemudian dapat mengunduh sertifikat yang sudah terakreditasi oleh Ikatan Dokter Indonesia.